Senin, 31 Desember 2018

Isu Bahaya Memainkan PUBG Mobile di PC Lewat Emulator TGB

PUBG Moblie

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini tersebar isu bahwa Tencent Gaming Buddy (TGB) mengambil keuntungan dari para player PUBG Mobile yang merupakan PlayerUnknown's BattleGrounds versi mobile yang dimainkan di PC lewat emulator TGB. Isu ini sudah banyak tersebar di forum-forum Pembahasan Komputer serta Forum PUBG sendiri dan forum-forum gaming yang ada.

Dalam info yang tersebar bahwa TGB melakukan penambangan (mining) otomatis di komputer player yang memainkan PUBGM lewat emulator TGB. Tidak hanya itu, Tencent Gaming Buddy juga dituduh melakukan kecurangan voting serta meletakkan tracing PID secara acak kepada penggunanya.

Isu ini salah satunya didasari dengan lag nya PUBG Mobile yang dimainkan dengan status CPU dan GPU hingga 100%. Memang sudah tidak heran, jika CPU dan GPU di Task Manager berada dalam angka 100% namun sedang tidak membuka aplikasi atau tab yang banyak dan berat, sudah di pastikan ada masalah pada PC atau Komputer yang salah satunya menambangan (otomatis) yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi yang tidak kita ketahui. Baca juga tentang PUBG Lite yang akan segera dirilis.

Seperti Google Chrome, banyak pengguna browser ini yang mengeluh bahwa Chrome terlalu banyak menggunakan CPU yang diindikasikan dengan penambangan otomatis. Maraknya bisnis Uang Digital/Cryptocurrency membuat banyak Developers yang usil memberikan script penambangan otomatis pada aplikasi yang mereka buat.

Mahal nya Uang Digital seperti coin Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) serta coin lainnya salah satu penyebab banyaknya PC atau Komputer yang menjadi korban penambangan otomatis tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Dalam penambangan otomatis, VGA lah yang paling terkena dampaknya. Bayangkan jika sebuah PC Gaming dengan harga VGA yang mahal kandas begitu saja hanya karena penambangan otomatis yang tidak diketahui. Untuk para Gamers, rusaknya komponen hardware karena untuk ngegame tidaklah masalah walaupun harganya cukup lumayan, namun jika rusak karena ulah-ulah orang yang tidak bertanggung jawab merupakan hal yang menjengkelkan.

Memang masih belum pasti bahwa pihak Tencent Gaming Buddy melakukan penambangan otomatis atau tidak, namun ada yang mengatakan bahwa tinggi nya penggunaan CPU dan GPU saat memainkan PUBGM lewat emulator TGB karena memuatnya latar belakang 3D secara penuh untuk mencapai hasil yang maksimal.

Dan untuk mencapai FPS yang tinggi, perlu penggunaan GPU secara maksimal yang berakibat GPU menyentuh angka 100%. Dalam kasus ini ada yang mendukung dan mewajarkan penggunaan CPU dan GPU yang 100% dan juga ada yang mengecam bahwa ini adalah proses penambangan otomatis secara diam-diam yang dilakukan oleh TGB.

Saya sendiri tidak tau pasti, saya sendiri baru tau isu ini kemarin sore di salah satu grup Facebook yang sering saya kunjungi. Mungkin ini benar bahwa tingginya penggunaan CPU dan GPU karena perlunya dukungan kedua hardware tersebut untuk mendukung kualitas bermain, bukan karena penambangan otomatis.


EmoticonEmoticon