Selasa, 09 Oktober 2018

Materi Falsafah dan Ideologi CPNS

Ideologi

KEPOINDONESIA.id - Falsafah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu anggapan, gagasan, dan sikap batin yang paling dasar yang dimiliki oleh orang atau masyarakat. Sebagai falsafah hidup atau pandangan hidup, Pancasila mengandung wawasan dengan hakikat, asal, tujuan, nilai, dan arti dunia seisinya, khususnya manusia dan kehidupannya, baik secara perorangan maupun sosial.

Dalam Naskah Persiapan Undang- Undang Dasar 1945, Muh. Yamin (1962) menyebutkan bahwa: “Ajaran Pancasila adalah tersusun secara harmonis dalam suatu sistem filsafah.”

Pancasila sebagai Ideologi negara Republik Indonesia


Secara umum, Pengertian Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, atau keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Menurut Henry D. Aiken dalam bukunya “The Age of Ideology”, ideology means ideal or abstract speculation and visionary theorizing.

Wilham James dalam “Varieties of Realigious Experience”, menerangkan bahwa “Ideology is a man’s total view or thought about life”. M. Sastraprateja menerangkan, ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

Jadi secara singkatnya ideologi adalah suatu cita-cita dan mencakup nilai-nilai yang menjadi dasar serta pedoman negara dan kehidupannya. Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila menjadi cita-cita normatif di dalam penyelenggaraan negara.

Secara luas Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia adalah visi atau arah tujuan dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ialah terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Berikut contoh soal Falsafah dan Ideologi yang mungkin akan keluar di CPNS 2018 tahun ini.

-Setiap produk hukum yang dihasilkan di Negara Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum tercantum pada…
A. TAP MPR NO. V/MPR/1973
B. TAP MPR NO. II/MPR/1978
C. TAP MPR NO. IV/MPR/1978
D. TAPMPRS NO. XX/MPRS/1966

-Perwujudan kesadaan manusia sebagai mahluk berakal budi yang menunjukkan harkat dan martabatnya dan dengan tingkat kesadaran inilah maka harkat martabat manusia tetap luhur atau sebaliknya. Perwujudan kesadaran tersebut adalah berbentuk…
A. Konsep hidup
B. Akal sehat
C. Norma
D. Nilai

-Dalam paham filsafat Pancasila harkat dan martabat manusia ditentukan oleh perilaku dan moral manusia itu sendiri, yakni…
A. Sikap kesungguhan manusia dalam memperjuangkan sesuatu yang menurutnya baik dan benar
B. Perilaku yang senantiasa merujuk pada setiap situasi yang sedang dihadapi
C. Sikap kerpibadian manusia yang baik, benar, semangat dan tercermin pada mental dan batin pelaku
D. Sikap manusia yang bersumber pada kebutuhan hidup sehari-hari

-Pokok-pokok pikiran yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dapat dikategorisasikan ke dalam empat pokok. Pokok pikiran kedua adalah bahwa…
A. Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
B. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
C. Negara berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan
D. Neara berdasar atas ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

-Sumber tertib hukum yang dianut di dalam Negara Republik Indonesia adalah sebagaimana tercantum di bawah ini, kecuali…
A. UUDS
B. Proklamasi
C. UUD
D. Dekrit

Lihat contoh soal Falsafah dan Ideologi secara lengkap beserta jawabannya dalam bentuk PDF di Falsafah dan Ideologi.pdf


EmoticonEmoticon