Hal Yang di Lakukan Saat Berkendara dan Terjadi Gempa

Hal Yang di Lakukan Saat Berkendara dan Terjadi Gempa

KEPOINDONESIA.id - Gempa bumi bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan menimpa siapapun. Salah satu yang harus dilakukan adalah kita harus selalu waspada akan datangnya gempa bumi sewaktu-waktu. Seperti pada beberapa hari yang lalu di Palu dan Donggala, dengan kekuatan gempa 7,7 Skala Ritcher (SR).

Dalam kondisi seperti itu, bagi pengendara kendaraan khususnya mobil pasti akan panik dan bingung apa yang harus dilakukan. Untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika gempa bumi terjadi saat kalian menyetir mobil, berikut hal yang di lakukan saat berkendara dan terjadi gempa.

Pinggirkan Mobil

Jika gempa bumi tiba-tiba melanda sekitar kalian dan sedang menyetir, segera pinggirkan mobil kalian secepatnya. Namun pastikan jangan berhenti atau berteduh di bawah pohon atau bangunan yang berpotensi tumbang. Usahakan cari tempat pemberhentian seperti lapangan atau pinggir jalan yang bebas dari bangunan tinggi yang rawan roboh.

Gunakan Rem Tangan

Saat gempa terjadi, mobil kalian dapat bergerak sesuai dengan getaran di permukaan. Matikan mobil dan gunakan rem tangan untuk mencegah mobil kalian berjalan sendiri.

Cari Informasi Terkini

Segera nyalakan radio dan buka portal berita terpercaya di HP atau smartphone kalian untuk mencari informasi terkait gempa yang sedang terjadi. Dari situ kalian bisa tahu tempat-tempat yang aman untuk berlindung sehingga bisa lebih waspada terhadap situasi di sekitar.


Tetap di Dalam Mobil

Pastikan kalian berhenti di tempat aman dan jangan keluar dari mobil sampai gempa selesai. Setelah itu, kalian dapat menyetir kembali dalam kecepatan rendah agar bisa menghindari jika hal tak terduga terjadi seperti pohon tumbang ataupun bangunan yang runtuh.


Tinggalkan Mobil Jika Berpotensi Tsunami

Apabila kalian mendengar informasi adanya potensi tsunami melalui radio atau berita terpercaya, segera tinggalkan mobil dan bawa handphone dan barang penting lainnya menuju ke dataran atau bangunan tertinggi di sekitar kalian. Hal itu dilakukan supaya meminimalisir resiko yang akan terjadi menimpa kalian.

Yang terpenting jangan panik khususnya jika sedang membawa anak kecil. Jika ditempat sekarang kurang atau tidak aman karena banyak gedung dan pepohonan segeralah pindah dengan pelan-pelan dan segeralah mencari tempat yang lebih aman dari sebelumnya. 


EmoticonEmoticon