Selasa, 02 Oktober 2018

Hal Yang di Lakukan Saat Berkendara dan Terjadi Gempa

Ilustrasi pascagempa

KEPOINDONESIA.id - Gempa bumi bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan menimpa siapapun. Salah satu yang harus dilakukan adalah kita harus selalu waspada akan datangnya gempa bumi sewaktu-waktu. Seperti pada beberapa hari yang lalu di Palu dan Donggala, dengan kekuatan gempa 7,7 Skala Ritcher (SR).

Dalam kondisi seperti itu, bagi pengendara kendaraan khususnya mobil pasti akan panik dan bingung apa yang harus dilakukan. Untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika gemba bumi terjadi saat Anda menyetir mobil, Berikut Hal Yang di Lakukan Saat Berkendara dan Terjadi Gempa.

1. Pinggirkan mobil
Jika gempa bumi tiba-tiba melanda sekitar Anda dan sedang menyetir, segera pinggirkan mobil Anda secepatnya. Namun pastikan jangan berhenti atau berteduh di bawah pohon atau bangunan yang berpotensi tumbang. Usahakan cari tempat pemberhentian seperti lapangan atau pinggir jalan yang bebas dari bangunan tinggi yang rawan roboh.

2. Gunakan rem tangan
Saat gempa terjadi, mobil Anda dapat bergerak sesuai dengan getaran di permukaan. Matikan mobil dan gunakan rem tangan untuk mencegah mobil Anda berjalan sendiri.

3. Cari Informasi terkini (radio atau internet)
Segera nyalakan radio dan buka portal berita terpercaya di HP atau Smartphone Anda untuk mencari informasi terkait gempa yang sedang terjadi. Dari situ Anda bisa tahu tempat-tempat yang aman untuk berlindung sehingga bisa lebih waspada terhadap situasi di sekitar.

4. Tetap di dalam mobil
Pastikan Anda berhenti di tempat aman dan jangan keluar dari mobil sampai gempa selesai. Setelah itu, Anda dapat menyetir kembali dalam kecepatan rendah agar bisa menghindari jika hal tak terduga terjadi seperti pohon tumbang ataupun bangunan yang runtuh.

5. Tinggalkan mobil jika berpotensi tsunami
Apabila Anda mendengar informasi adanya potensi tsunami melalui radio atau berita terpercaya, segera tinggalkan mobil dan bawa handphone dan barang penting lainnya menuju ke dataran atau bangunan tertinggi di sekitar Anda. Hal itu dilakukan supaya meminimalisir resiko yang akan terjadi menimpa Anda.


EmoticonEmoticon