Senin, 24 September 2018

Instansi Yang Membuka Lowongan Bagi Lulusan SMK pada CPNS 2018

Ilustrasi seleksi CPNS


KEPOINDONESIA.id - Seperti pendaftaran CPNS tahun sebelumnya, jabatan dan formasi di setiap instansi disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan tertentu.

Salah satu formasi yang banyak diburu adalah formasi lulusan SMA/SMK sederajat. Karena formasi untuk lulusan SMA masih terbilang sedikit dan tidak diberlakukan di seluruh instansi.

Berikut Instansi Yang Membuka Lowongan Bagi Lulusan SMK pada CPNS 2018:

1. Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
Ada 5 lowongan yang disediakan oleh Kemenhub untuk mengisi jabatan di posisi Bakes. Adapun 9 lowongan untuk posisi Bosun (mandor kapal). Formasi lain untuk 10 Jenang Kapal, 9 Juru Mesin, 24 Juru Minyak, 5 Juru Moor, dan 24 Juru Mudi.

Ada 24 lowongan untuk posisi Kelasi, 5 untuk Kerani, 5 untuk Markonis, 34 untuk Masinis Kapal, 34 untuk Mualim Kapal, 34 untuk Nakhoda, 5 untuk Oiler, 33 untuk Pengawas Keselamatan Pelayaran Pemula (SMK/SLTA), 25 untuk Penjaga Mercusuar, 10 untuk Serang, 166 untuk Petugas Keamanan (Aviation Security), 5 untuk Instruktur Pemula.

2. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
Sementara itu, Kemenkumham membuka kesempatan bagi lulusan SMA / sederajat untuk menjadi penjaga tahanan/Sipir.

Di CPNS 2018, Kemenkumham membuka 878 formasi untuk lulusan SMA. Jabatan ini diperuntukkan bagi 211 wanita, 633 pria, 8 putra/putri Papua wanita, dan 26 putra/putri Papua Pria. Nantinya jabatan ini akan ditempatkan di seluruh lapas, rutan, dan rudenim di wilayah Indonesia.

3. Badan Narkotika Nasional (BNN).
BNN membuka lowongan untuk menjadi pelatih hewan (anjing pelacak) bagi 74 lulusan SMA / sederajat.

4. Kejaksaan Agung.
Posisi yang ditawarkan di Kejaksaan Agung adalah sebagai Pengawal Tahanan / Narapidana. Ada sekitar 308 lowongan bagi tamatan SMA / sederajat yang ingin menjadi PNS.

5. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
BPPT mencari lulusan SMA/sederajat, terlebih bagi lulusan SMK untuk mengisi 4 posisi. Posisi ini diperuntukkan bagi Teknisi Penelitian dan Perekayasaan Pemula.


EmoticonEmoticon