Pompa Air Bau Gosong Apakah Bahaya? Apa Yang Perlu Dilakukan?

Pompa Air Bau Gosong Apakah Bahaya? Apa Yang Perlu Dilakukan?

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang yang memiliki pompa air di rumah dan khususnya pompa air lama pasti sangat sering merasakan bau gosong saat pompa tersebut dinyalakan. Sudah pasti akan terasa bau gosong yang berasal dari mesin pompa.

Untuk pompa air keluaran terbaru saya sendiri kurang tau pasti karena saya tidak memilikinya. Tetapi untuk pompa lama sudah pasti akan tercium bau gosong. Tidak masalah dan pompa tetap bekerja secara maksimal.

Lalu kenapa pompa air bau kosong dan apa bisa menyebabkan bahaya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas supaya kalian tau dan tidak bingung dengan bau gosong tersebut.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi power head untuk filter akuarium yang berisik serta tips merawat pompa angin sepeda supaya tidak cepat rusak.

Kenapa Ada Bau Gosong Saat Pompa Air Dihidupkan?


Seperti yang kalian tau pompa air bisa berputar karena putaran dinamo. Dan komponen dinamo ada yang namanya sikat. Sikat ini yang menimbulkan bau gosong saat pompa air listrik berputar dan ini wajar sekali.

Apakah Selalu Bau Gosong Itu Tidak Masalah?


Saya kira tidak masalah, asalkan tidak mengeluarkan asap saya kira aman saja. Selain itu usahakan pompa air tetap kering dan tidak terkena air. Supaya apa? supaya tidak menimbulkan korsleting karena daya dari pompa air listrik cukup tinggi.

Apa Boleh Pompa Air Listrik Dihidupkan Terus Menerus


Saran saya jangan karena mesin akan sangat panas. Minimal 2 jam sekali kalian matikan dan tunggu paling cepat 15 menit. Jika sudah bisa kalian hidupkan lagi. Kecuali jika nyala dan mati secara otomatis tidak masalah.

Apakah Boleh Pompa Air Listrik Jarang Dinyalakan?


Supaya awet kalian wajib menghidupkannya 1 bulan sekali. Hingga 6 bulan sekali sebenarnya tidak masalah apabila pompa tersebut normal. Tetapi saran saya 1 bulan sekali supaya pompa tetap normal dan tetap awet.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai bau gosong saat pompa air listrik dihidupkan. Hanya sekedar bau saja tidak masalah karena memang wajar terjadi. Tetapi jika sudah berasap lebih baik langsung kalian matikan.

Jangan coba hidupkan kembali karena tetap akan mengeluarkan asap. Lebih baik kalian panggilan jasa servis pompa air listrik atau tukang servis elektronik untuk memeriksa dan memperbaiki pompa air yang kalian miliki.

Sekian pembahasan dari saya mengenai bau gosong dari pompa air listrik. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai kelebihan menggunakan AC dan kelebihan menggunakan Kipas Angin. Harga jauh beda lebih baik yang mana?.


EmoticonEmoticon