Penyebab Baterai Senter Cepat Habis Padahal Jarang Digunakan

Penyebab Baterai Senter Cepat Habis Padahal Jarang Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Keluh kesah pemilik lampu senter atau senter yang jarang menggunakan senter yaitu merasa baterai senter yang cepat habis walaupun jarang digunakan dan dinyalakan. Entah ini kenyataan atau hanya perasaan saya sendiri kurang tau.

Akan tetapi senter yang sering digunakan baterainya malah lebih awet daripada senter yang jarang digunakan. Seperti yang kalian tau senter digunakan saat keadaan sekitar gelap baik hanya sekedar petang atau gelap gulita.

Karena jika tidak gelap maka senter tidak akan digunakan. Lalu kenapa baterai senter cepat habis atau terkadang rusak padahal senter yang jarang digunakan?. saya sendiri kurang tau pasti, tetapi yang jelas pada perangkat yang menggunakan baterai dan perangkat jarang digunakan hal tersebut memang sering terjadi.

Untuk tau jawaban atas masalah diatas kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan menyimpulkan apa yang saya ketahui mengenai baterai senter yang habis sendiri walaupun senter tidak pernah digunakan sama sekali.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kelebihan menggunakan Kipas Angin daripada AC serta apa yang dimaksud dengan rating IPX4.

Baterai yang tidak digunakan memang akan berkurang sendiri jadi wajar saja jika senter yang kalian miliki jarang digunakan tetapi baterainya habis sendiri. Jika kalian memiliki senter baterai tanam lebih baik jika tidak kalian gunakan silakan kalian cas atau charger 1 bulan sekali.
 
Walaupun tidak kalian gunakan sama sekali dan kemungkinan daya baterai masih banyak tidak ada salahnya untuk di cas. Proses pengecasan secara rutin memiliki tujuan supaya baterai tetap normal dan tidak gampang rusak.

Sedangkan jika kalian memiliki senter yang bukan baterai tanam seperti baterai 18650 atau baterai tipe D jika tidak digunakan lebih baik kalian copot saja baterainya. Karena jika terus dipasang baterai biasanya akan berkarat, jamuran, dan menimbulkan kebocoran.

Baterai habis sendiri bagi saya bukan masalah yang berarti yang terpenting baterai tidak rusak. Jadi jika jarang digunakan kalian harus merawat senter dan baterainaya supaya jika kalian butuhkan secara mendadak senter siap untuk digunakan.

Kesimpulannya kalian tidak usah cemas jika baterai senter habis sendiri walaupun tidak digunakan. Yang penting kalian charger secara rutin atau jika baterainya bukan baterai tanam bisa kalian copot jika memang tidak dibutuhkan dalam waktu dekat. 

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai penyebab baterai senter yang habis sendiri dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca kenapa perangkat Tablet boros baterai padahal kapasitas baterainya tergolong besar.


EmoticonEmoticon