Penyebab Setelan Jalur Penyimpanan di Aplikasi Telegram Hilang atau Tidak Ada

Penyebab Setelan Jalur Penyimpanan di Aplikasi Telegram Hilang atau Tidak Ada

KEPOINDONESIA.id - Seperti yang kalian ketahui sebelumnya kalian bisa mengatur jalur penyimpanan Telegram sesuka kalian. Baik ke penyimpanan perangkat atau ke SD Card bisa kalian atur dan ubah sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk bisa melakukannya sebelumnya kalian bisa akses aplikasi Telegram dan di pengaturan kalian bisa pilih Data dan Penyimpanan. Nah di menu Data dan Penyimpanan kalian bisa atur lokasi Penyimpanan sesuai dengan keinginan kalian.

Tetapi sayangnya jika kalian perhatikan di aplikasi Telegram versi terbaru setelan tersebut sudah tidak ada. Karena jika kalian cek di pengaturan Data dan Penyimpanan pilihan untuk mengatur lokasi Penyimpanan sudah tidak ada.

Selain jalur penyimpanan Telegram yang sudah tidak tersedia lagi ternyata ada juga masalah lainnya. Yaitu folder Telegram yang awalnya di penyimpanan utama seperti WhatsApp kini sudah tidak ada alias pindah ke folder Android.

Karena sudah di pindah ke folder Android kalian akan sedikit direpotkan jika ingin mengakses folder dan file yang ada di folder Telegram tidak seperti sebelumnya. Apa solusinya supaya jalur penyimpanan Telegram ada atau kembali dan lokasinya tidak di folder Android? .

Jujur saja tidak ada yang bisa kalian lakukan karena sudah ditentukan seperti itu. Tetapi alangkah baiknya minimal kalian tau penyebabnya. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan penyebab yang menyebabkan kedua hal tadi.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa aplikasi Telegram memperbarui terus saat dibuka serta cara menambah stiker baru di Telegram.

Ketentuan di Aplikasi Telegram Versi Terbaru


Untuk kasus jalur penyimpanan Telegram atau lokasi penyimpanan aplikasi Telegram sudah tidak ada di pengaturan hal ini dipengaruhi oleh versi terbaru aplikasi Telegram. Pihak Telegram mungkin tau lokasi penyimpanan harus sesuai dan tidak perlu diubah-ubah.

Asalkan versi Android yang kalian gunakan belum Android 11 kalian masih bisa menemukan folder Telegram di penyimpanan depan atau lebih dikenal dengan storage/emulated.

Jadi walaupun kalian tidak bisa mengaturnya lagi akan tetapi jika ingin melihat file yang ada di folder Telegram kalian bisa melakukannya dengan mudah. Karena jika sudah di Android 11 folder Telegram akan dipindah ke dalam folder Android.

Privasi Android 11


Dan yang kedua untuk kasus folder Telegram yang tidak ada alias pindah ke dalam folder Android. Jadi untuk bisa mengakses folder Telegram kalian bisa buka folder Android>data>.org.telegram.messenger/files/Telegram.

Sangat sulit bukan? saya sangat menyayangkan hal ini karena file, foto, dan video yang terunduh di Telegram yang tidak disimpan ke galeri jadi sulit untuk di akses dan dilihat. Apakah kalian bisa memindahkan folder tersebut?.

Tentu saja bisa akan tetapi nantinya akan terbuat secara otomatis folder yang sama. Jadi tidak ada yang bisa kalian lakukan dan hanya bisa mengakses konten yang sudah kalian unduh di Telegram lewat folder Android>data>.org.telegram.messenger/files/Telegram.

Saya yakin ada kalian yang baru sadar dan tidak suka dengan perubahan ini. Tetapi mau bagaimana lagi karena jika di setelan tidak ada opsi untuk mengubah jalur penyimpanan maka kalian tidak akan bisa mengubah dan mengaturnya.

Jadi itu dia pembahasan kali ini semoga kalian yang bingung kenapa opsi Penyimpanan di pengaturan Telegram sudah tidak ada. Tidak ingin mengunduh konten video, audio, dan foto secara otomatis dari Telegram? kalian bisa mematikan unduh otomatis di chat Telegram jika tidak suka dengan hal tersebut.


EmoticonEmoticon