Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Kuota lokal salah satu kuota yang hanya bisa digunakan saat kalian berada di dalam jangkauan kuota. Sebagai contoh kalian berada di Bekasi dan membeli kuota lokal khusus kota Bekasi. Maka saat kalian pergi ke luar kota seperti pergi ke Jogja kuota tersebut tidak akan bisa digunakan.

Selain karena memang diluar jangkauan ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kuota lokal tidak bisa digunakan dan tidak berkurang. Nah untuk tau apa saja penyebabnya selain karena diluar jangkauan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Kuota lokal sebelumnya hanya bisa kalian temui di Telkomsel, tetapi kini masing-masing operator seluler memilikinya seperti 3 dan Smartfren. Kuota lokal menurut saya lebih baik dari pada kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses situ tertentu seperti YouTube.

Dan setahu saya kuota lokal di masing-masing daerah memiliki harga dan pilihan yang berbeda-beda. Bisa saja di daerah Jawa Tengah lebih murah tetapi di area Jakarta dan Jawa Barat lebih mahal. Lebih jelasnya langsung saja kalian simak penyebab kuota lokal tidak bisa digunakan khususnya di operator seluler Tri.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa internet 3 selalu masuk ke jaringan terus serta solusi mengatasi kuota weekend Tri tidak berkurang saat hari sabtu dan minggu.

Penyebab Kuota Lokal Tri atau Semua Operator Tidak Berkurang


1. Tidak Di Wilayah Jangkauan


Yang pertama dan penyebab utama yang sering menyebabkan kuota lokal tidak bisa digunakan yaitu karena kalian sedang berada di luar wilayah kuota lokal. Seperti namanya yaitu kuota lokal, kuota lokal hanya bisa digunakan saat kalian berada di lokal area.

Jika kalian membeli kuota lokal Bekasi maka kuota internet hanya bisa digunakan di dalam kota bekasi atau dalam jangkauan wilayah bekasi. Jika digunakan ke luar kota, luar provinsi, atau bahkan ke luar pulau wajar saja jika tidak bisa digunakan.

2. Kuota Lokal Habis


Kuota lokal berbeda dengan kuota reguler atau kuota utama yaitu yang jumlahnya banyak. Kuota lokal biasanya hanya beberapa GB yang menurut saya entah kenapa sangat cepat habis. Memang jumlah kuota tergantung dari paket yang kalian beli tetapi setahu saja kuota lokal memang sedikit.


3. Masa Aktif Kuota Lokal Habis


Sebenarnya jika masa aktif kuota lokal habis saat mengecek paket tidak akan tertulis kuota lokal lagi karena memang paket tersebut sudah tidak aktif. Tetapi ini salah satu faktor yang memang bisa menyebabkan kuota lokal tidak bisa digunakan.

4. Tri atau Operator Lainnya Sedang Gangguan


Dan yang terakhir karena sedang gangguan. Gangguan bisa mempengaruhi semua paket atau hanya salah satu paket saja seperti kuota lokal. Selama masa aktif kuota lokal masih panjang dan kuota lokal masih banyak kemungkinan kuota lokal tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi hal ini langkah pertama kalian bisa mengaktifkan mode penerbangan dan menonaktifkannya. Jika masih tidak bisa coba reboot HP kalian karena biasanya dengan mereboot masalah koneksi internet akan teratasi.

Selama kalian berada di wilayah kuota lokal kalian pasti bisa menggunakan kuota tersebut. Karena memang kuota lokal bisa digunakan 24 jam tidak dibagi-bagi seperti beberapa kuota internet yang lainnya.

Paket unlimited Smartfren kalian lemot karena terkena FUP? kalian bisa membeli paket Booster. Apa itu kegunaan paket Booster dan apakah bisa membuat koneksi internet yang terkena FUP menjadi lancar kembali? simak penjelasannya di artikel tentang pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon