Pengertian OEM, Apakah Sama Dengan Original?

Pengertian OEM, Apakah Sama Dengan Original?

KEPOINDONESIA.id - Mencari aksesoris dan komponen yang original sangatlah susah kecuali membeli satu paket dengan perangkat yang berhubungan. Sebagai contoh baterai HP yang terbilang cukup langka seperti baterai untuk Samsung Galaxy Note 7.

Saya yakin yang tersebar di internet walaupun tertulis merek Samsung itu bukanlah original atau baterai asli walaupun dalam judul dan keterangannya asli dari Samsung. Yang jelas sangat sulit jika yang kalian cari sudah langka dan stocknya sedikit.

Selain original sebenarnya ada istilah lain yang sama seperti asli yaitu OEM. Apakah pernah kalian mendengar atau melihat istilah OEM ini? Seharusnya pernah karena OEM sudah dianggap pilihan alternatif jika tidak menemukan aksesoris baru yang benar-benar original.

Penasaran tentang apa itu OEM dan sebagus apa OEM itu? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelas apa sebenarnya OEM itu dan dengan original apakah OEM bisa disamakan dengan barang original.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti apa yang disebut dengan pengguna Anonim serta apa itu email No-Reply dan kenapa tidak perlu dibalas.


Original Equipment Manufacturer atau OEM



OEM sendiri kepanjangan dari Original Equipment Manufacturer yang memiliki arti sparepart/aksesoris/software dari produsen terkenal yang dibuat khusus untuk perusahaan lain dan dijual dengan nama yang berbeda.

Jika dikatakan sebagai original kurang tepat tetapi jika OEM disebut barang asli itu lebih benar. Walaupun OEM dibuat oleh perusahaan utama dam dijual kembali oleh perusahaan lain tetap saja ini barang asli.

Oleh karena itu OEM juga termasuk barang langka dan banyak yang membuat barang palsu di anggap sebagai OEM padahal keduanya berbeda. OEM bisa kalian dapatkan secara baru atau melepas dari produk lain di merek yang menjual dengan nama OEM tadi.


Kelebihan dan Kekurangan OEM



Kelebihannya sudah jelas dengan harga yang sedikit murah OEM memiliki kualitas yang sama seperti produk original karena sebenarnya OEM produk buatan dari perusahaan yang membuat produk original hanya saja dijual dan di pasarkan oleh perusahaan yang berbeda.

Hanya saja jika ingin dijual kembali dan yang membeli tidak tau apa itu OEM nilai jualnya pasti akan turun karena akan dianggap barang KW atau palsu. Selain itu banyak juga produk palsu yang diberi label OEM supaya laku terjual.

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai OEM semoga bermanfaat untuk kalian semua. OEM dibagi 3 jenis yaitu OEM lisensi, OEM hardware atau perangkat keras, serta OEM software atau perangkat lunak.

Dari pada membeli barang palsu lebih baik kalian membeli barang dari merek yang tidak terlalu terkenal tetapi barang tersebut original. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca ciri shock YSS asli atau original supaya kalian bisa membedakannya.


EmoticonEmoticon