3 Solusi Tidak Bisa Login Akun Google di Emulator MEmu Play

3 Solusi Tidak Bisa Login Akun Google di Emulator MEmu Play

KEPOINDONESIA.id - MEmu salah satu emulator Android yang bisa kalian jalankan di perangkat Windows. Dari beberapa emulator Android lainnya MEmu yang paling ringan dan fitur yang ada di MEmu Play juga terbilang cukup lengkap.

Tidak heran kini banyak orang yang menggunakan MEmu Play untuk menjalankan sistem operasi Android di Windows dari pada emulator lainnya seperti NoxPlayer. Seperti yang kalian ketahui emulator Android sama seperti saat kalian menjalankan sebuah perangkat Android.

Saat pertama kalian mengaktifkannya sama seperti saat kalian membeli HP baru. Ada langkah-langkah seperti menghubungkan ke jaringan wifi terdekat, menyetel pengaturan dasar, serta login ke akun Google.

Emulator Android di desain sama persis seperti perangkat Android asli dan pengguna bisa login dengan akun Google untuk bisa menggunakan layanan dan produk Google lainnya yang ada di Android seperti Gmail, Play Store, dan YouTube.

Tetapi di beberapa kasus saat menggunakan MEmu Play pengguna tidak bisa masuk ke akun Google atau lebih tepatnya gagal masuk ke akun Google. Akan muncul pesan error "Couldn’t sign in” dan “There was a problem communicating with Google servers”.

Bagaimana solusinya? solusi mengatasi error tersebut dan supaya bisa masuk ke akun Google lewat emulator Android khususnya MEmu Play? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya kalian tau.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara ganti avatar di profil Google Play Game serta cara mendapatkan kode cadangan verifikasi 2 langkah.

Cara Mengatasi Emulator MEmu Tidak Bisa Login Akun Google


1. Pastikan Tanggal dan Waktu di Benar


Seperti yang kalian tau tanggal dan waktu yang tidak benar bisa mempengaruhi kinerja perangkat seperti tidak bisa masuk akun WhatsApp serta terkadang tidak bisa masuk ke dalam aplikasi tertentu.

Saat ingin login akun Google di MEmu Play pastikan tanggal dan waktu di emulator Android yang sedang kalian jalankan sudah benar. Pastikan sesuai dengan tanggal sekarang dan waktunya juga harus kalian sesuaikan.

2. Hapus Data Aplikasi Google Play Store


Jika dengan mengatur tanggal dan waktu belum bisa kalian bisa coba hapus data aplikasi Google Play Store. Cara ini cukup berhasil dan bisa kalian coba walaupun kalian belum pernah menggunakan Play Store sama sekali.

Untuk menghapus data aplikasi kalian bisa langsung hapus lewat Setelan atau Pengaturan. Atau kalian bisa tahan lama Google Play Store yang ada di App Drawer atau Layar Utama lalu pilih Info Aplikasi.


3. Ubah Informasi Perangkat


Yang terakhir kalian bisa coba mengubah informasi perangkat di setelan MEmu Play. Saran saya pilih perangkat yang umum digunakan dan sesuai dengan spesifikasi Laptop atau Komputer yang kalian gunakan untuk menjalankan emulator.

Selain ketiga cara diatas kalian juga bisa membiarkan MEmu Play beberapa saat dan jangan coba masuk ke akun Google. Atau kalian bisa coba mematikan koneksi internet yang ada dan nyalakan kembali baik yang ada di emulator atau pada perangkat desktop yang kalian gunakan.

Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai MEmu Play atau MEmu yang tidak bisa login menggunakan akun Google. Tenang saja masalah ini memang sering terjadi dan kalian tidak usah panik. Tidak tau perbedaan Cookie dan Cache? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon