Solusi HP Nokia Jadul Sering Restart, Mati, atau Ngehang

Solusi HP Nokia Jadul Sering Restart, Mati, atau Ngehang

KEPOINDONESIA.id - Salah satu penyakit atau masalah yang sering kalian temui di HP Nokia jadul yang belum menggunakan sistem operasi Windows Phone dan Android ialah HP sering mati sendiri. Baik HP Nokia yang masih Java atau sudah Symbian.

Saya sendiri pernah mengalaminya beberapa kali karena cukup banyak HP Nokia jadul yang pernah saya gunakan seperti Nokia Asha 309, Nokia Asha 311, serta Nokia E63. Dari ketiga HP Nokia yang pernah saya coba tadi masalah utama yang sering terjadi yaitu HP sering mati sendiri atau ngeblank.

Entah kenapa HP Nokia jadul sering mengalami masalah tersebut. Ada yang hilang setelah pengguna melakukan suatu hal dan ada yang tidak hilang dan bisa dikatakan sebagai bug. Lalu apa solusinya supaya HP Nokia tidak ngeblank atau mati sendiri?

Solusinya tergantung dari penyebabnya, tetapi saya tau penyebab utama yang bisa menyebabkan HP Nokia ngeblank. Entah kenapa hal tersebut bisa terjadi tetapi itu nyata dan dulu saya sering mengalaminya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang Nokia yang pernah saya bahas. Seperti kumpulan kode pengaman HP Nokia yang lupa atau salah serta wallpaper untuk Nokia Android terbaik.

Penyebab utama HP Nokia jadul sering ngeblank sendiri atau sering restart sendiri karena ada masalah di salah satu aplikasi. Baik aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga. Walaupun aplikasi bawaan cenderung stabil tetapi tetap ada bug.

Seperti yang pernah saya alami di Nokia Asha 311, setelan di aplikasi kamera Asha 311 tidak bisa dibuka. Jika di buka HP akan ngeblank dan akan restart sendiri. Setelah saya coba lagi tetap seperti itu padahal aplikasi kamera adalah aplikasi bawaan.

Selain karena aplikasi bawaan hal tersebut juga bisa terjadi karena aplikasi pihak ketiga. Bagi kalian yang belum tau aplikasi untuk Java dan Symbian bisa dikatakan tidak perlu stabil, artinya asal bisa dibuka dan digunakan pengembang akan mempublikasikan aplikasi tadi.

Jadi jika kalian baru menginstall aplikasi baik di Nokia Java atau Nokia Symbian dan gejala HP sering restart sendiri maka bisa disimpulkan karena aplikasi tadi. Langkah yang bisa kalian lakukan yaitu mencopot pemasangan aplikasi.

Selain dua hal tadi sebenarnya masih banyak penyebab lainnya. Tetapi yang umum terjadi seperti yang sudah saya sebutkan yaitu faktor bug aplikasi. File yang ada di kartu SD juga bisa menyebabkan HP Nokia ngeblank tetapi ini jarang terjadi.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat untuk kalian. Tidak tau cara cek status garansi Nokia Android? kalian bisa baca artikel tentang cara cek status garansi Nokia Android apakah masih aktif atau tidak.


EmoticonEmoticon