Pengertian Video Timelapse dan Bagaimana Cara Membuatnya

Pengertian Video Timelapse dan Bagaimana Cara Membuatnya

KEPOINDONESIA.id - Timelapse atau Video Timelapse adalah salah satu jenis video yang sering digunakan sebagai Footage. Bukan hanya itu, jenis video ini memang rata-rata hanya untuk Footage saja seperti Timelapse awan dan kendaraan di jalan raya.

Sebelum saya bahas lebih lanjut kalian harus tau terlebih dahulu video Timelapse itu seperti apa. Jika dijelaskan memang sedikit susah, akan tetapi saya yakin kalian pernah melihat yang namanya Timelapse.

Contoh mudahnya adalah video awan dan langit. Pasti kalian pernah melihat cuplikan video tersebut di sinetron atau di film yang menampilkan pergerakan awan dari pagi sampai malam hari hanya dalam beberapa detik saja.

Nah itu dia yang dinamakan Timelapse atau Time-lapse. Supaya kalian lebih tau lagi tentang Video Timelapse saya akan menjelaskan tentang pengertian dari Timelapse itu sendiri. Selain itu saya juga akan membahas bagaimana membuat dan merekamnya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi rotasi layar tidak berfungsi di Android serta cara menghapus video di Tonton Nanti YouTube.

Pengertian Timelapse


Timelapse atau Video Timelapse adalah suatu teknik perekaman yang merekam perubahan atau perjalanan suatu objek dalam rentang yang panjang dan dipercepat sampai ratusan kali lipat.

Sebagai contoh merekam video awan dari pagi hingga sore hari dalam 1 hari full dapat dipercepat sampai 30 detik saja. Jika kalian sudah tau apa itu yang dinamakan Timelapse, lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Video Timelapse


Jika kalian tidak tau caranya pasti kalian mengira bahwa merekam video Timelapse harus direkam mulai dari awal sampai akhir dan dipercepat. Caranya tidak seperti itu, karena tidak ada alat perekam yang bisa aktif dan terus-menerus merekam.

Mudahnya membuat Video Timelapse dengan cara menggabungkan beberapa foto yang telah diambil dalam interval dan waktu tertentu dan digabungkan menjadi satu. Untuk mengambil foto dalam durasi lama kamera masih bisa melakukannya, tetapi jika untuk merekam tidak akan bisa.

Peralatan yang kalian butuhkan tergantung yang kalian miliki. Menggunakan kamera HP saja sudah cukup karena seperti yang sudah saya katakan tadi video Timelapse adalah menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah video pendek atau Footage.

Intinya Tripod sangat dibutuhkan, karena kamera akan berdiri di Tripod dan akan memotret secara otomatis. Untuk bisa memotret secara otomatis dibutuhkan sebuah rumus. Untuk rumusnya bisa kalian cari di internet.

Nah itu dia apa yang dimaksud dengan video Timelapse dan bagaimana cara merekamnya. Sebenarnya mudah saja, karena faktor utama membuat video Timelapse adalah perangkat kamera yang kalian gunakan.

Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel lain yang sudah pernah saya bahas juga. Artikel tersebut mengenai pengambilan sudut pandang. Ada banyak pengambilan sudut pandang yang bisa kalian coba saat memotret atau mengambil video.


EmoticonEmoticon