Pemilihan Tanah Yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata Merah

Pemilihan Tanah Yang Bagus Untuk Membuat Batu Bata Merah

KEPOINDONESIA.id - Batu Bata adalah salah satu bahan bangunan yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan. Mulai dari bangunan rumah hingga bangunan kantor dan jembatan. Selain Batu Bata ada bahan lain yang juga diperlukan seperti Semen, Pasir, Batu kerikil dan masih banyak yang lainnya.

Bahan atau material yang dibutuhkan untuk membuat bangunan ditentukan sesuai dengan bangunan apa yang ingin di bangun. Tetapi yang pasti ada yaitu Pasir, Semen, Kapur, Kerikil, dan Batu Bata.

Jenis Batu Bata yang cukup banyak digunakan yaitu Bata Merah. Material ini terbuat dari tanah liat yang di bentuk dan dibakar. Banyaknya tanah liat yang ada membuat banyak pengrajin Batu Bata Merah rumahan.

Nah yang menjadi pertanyaan ialah, tanah liat seperti apa yang cocok dan bagus untuk membuat Batu Bata Merah? Kenapa harus pilih-pilih? Supaya Batu Bata yang dihasilkan bagus dan kokoh alias tidak mudah pecah.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang pemilihan tanah liat yang bagus untuk membuat Bata Merah. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kumpulan pantun keindahan alam serta cara mudah menghilangkan gatal karena gabah atau padi.

Hampir semua tanah liat bisa digunakan sebagai bahan baku membuat Bata Merah, akan tetapi kalian jangan menggunakan tanah yang terlalu banyak mengandung pasir dan kapur. Tanah liat yang bagus ialah tanah yang tidak akan retak ketika dibakar.

Selain itu perubahan warna menjadi merah adalah salah satu ciri bahwa tanah tersebut memang cocok untuk dijadikan bahan baku Bata Merah. Kalian bisa melakukan uji sederhana untuk mengetahui kualitas tanah.

Buat adonan Batu Bata Merah secukupnya, karena ini hanya pengujian. Lalu cetak Bata Merah dan diamkan selama 24 jam di tempat yang teduh. Setelah 24 jam silakan kalian cek kembali, jika hasil cetakan tadi retak atau terbelah menandakan tanah tersebut tidak cocok alias jelek.

Selain itu kalian juga bisa melakukan uji bakar. Seperti cara membakar Bata Merah pada umumnya, silakan kalian bakar bahan uji coba Bata Merah dan lihat hasilnya. Jika Bata berwarna merah saat di bakar menandakan tanah tersebut sangat bagus untuk pembuatan Batu Bata.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai cara memilih atau mencari tanah liat yang bagus untuk dijadikan bahan baku pembuatan Batu Bata Merah. Terlihat mudah memang, akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan.


EmoticonEmoticon