Cara Mengatasi Aplikasi Shazam Tidak Berfungsi Mendeteksi Lagu

Cara Mengatasi Aplikasi Shazam Tidak Berfungsi Mendeteksi Lagu

KEPOINDONESIA.id - Pasti kalian pernah mendengarkan musik dan penasaran apasih judul lagu dari musik tersebut. Beberapa tahun yang lalu cukup sulit untuk mengetahui judul lagu jika kita tidak tau pasti liriknya seperti apa. 

Tetapi kini kita dapat mendeteksi musik dengan mudah sehingga judul lagunya dapat kita ketahui. Salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mendeteksi musik yaitu aplikasi Shazam, aplikasi yang dikembangkan oleh Apple.

Selain bisa untuk mengidentifikasi musik kini aplikasi Shazam juga bisa untuk mengenali objek seperti film, iklan, dan acara televisi. Sekilas aplikasi Shazam seperti perpaduan antara Google Assistant dan Google Lens.

Beberapa pengguna aplikasi Shazam mengeluhkan bahwa mereka tidak berhasil menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi musik atau lagu. Padahal mereka sudah mendekatkan ponsel pada sumber suara dan aplikasi Shazam sudah mulai mendeteksi. 

Apa banyak penyebab kenapa aplikasi Shazam tidak berfungsi untuk mendeteksi lagu dan musik. Untuk lebih jelasnya maka akan saya jelaskan di bawah mengenai beberapa penyebab dan solusi mengatasi aplikasi Shazam yang tidak berfungsi. 

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas. Artikel pertama yang bisa kalian baca yaitu cara login ke KlikBCA dan yang kedua cara mudah membatalkan pencadangan WhatsApp

Penyebab Aplikasi Shazam Tidak Mau Mendeteksi


1. Tidak Terhubung ke Internet


Jika kalian menggunakan aplikasi Shazam pastikan perangkat yang kalian gunakan terhubung ke internet. Jika tidak terhubung ke internet aplikasi tidak akan bisa mendeteksi suara atau objek yang ingin kalian cari. 

Jika sudah terhubung ke jaringan internet, seharusnya aplikasi Shazam sudah bisa digunakan dengan normal. Tetapi jika belum bisa alias masih error, kalian bisa mencoba cara berikutnya. 

2. Musik atau Objek Tidak Jelas


Sebagai contoh jika kalian ingin mencari lagu di acara hajatan, kalian bisa lebih mendekat ke sumber suara. Cara ini wajib kalian lakukan supaya aplikasi Shazam bisa mendeteksi musik tersebut secara jelas. 

Jika tidak kalian dekatkan ke sumber suara bisa menyebabkan judul lagu tidak ditemukan walaupun proses mendeteksi sudah selesai. Untuk itu kalian bisa lebih mendekatkan perangkat ke sumber suara saat menggunakan aplikasi Shazam. 

3. Musik dan Objek Tidak Ada Dalam Database


Setahu saya aplikasi Shazam hanya memiliki database musik-musik dari musisi terkenal yang memiliki lisensi. Jadi jika kalian mencari lagu dangdut koplo, kalian tidak akan menemukannya jika kalian mencarinya lewat aplikasi Shazam. 

Walaupun begitu, jika ada musik dangdut dari beberapa penyanyi yang sudah ada di database server Shazam, kemungkinan kita masih bisa mencari judul lagu dangdut dengan aplikasi Shazam. 

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika aplikasi Shazam aplikasi pencari judul lagu tidak berfungsi. Selain menggunakan aplikasi Shazam, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Google Assistant untuk mencari judul lagu atau musik. 

Dan terakhir bagi kalian yang tidak tau cara menonton TV dengan ponsel Android, kalian bisa baca artikel tentang cara nonton TV dengan aplikasi UseeTV. Dengan aplikasi UseeTV kalian bisa menonton TV dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih.


EmoticonEmoticon