Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor Sedang Sibuk Jika di Telepon

Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor Sedang Sibuk Jika di Telepon

KEPOINDONESIA.id - Sering kali jika kita sedang melakukan panggilan ke nomor seseorang tidak jarang bukannya jawaban yang kita dapat, melainkan suatu pemberitahuan dari operator. Seperti nomor tidak terdaftar, nomor tidak aktif, nomor di luar jangkauan, ataupun nomor sedang sibuk.

Nah dari macam-macam pesan suara tadi, yang akan saya bahas lebih detail yaitu mengenai nomor sedang sibuk. Karena pesan suara ini bikin penasaran kenapa nomor tersebut bisa sibuk. Sedangkan untuk panggilan dialihkan sudah pernah saya bahas, jadi kalian bisa langsung baca saja.

Tidak seperti pesan suara yang lainnya, untuk yang satu ini sebenarnya pemilik nomor yang kita tuju tadi sedang menggunakan HP nya, namun tidak menerima panggilan telepon dari kita. Mungkin jika kalian menelpon nomor pacar lalu sedang sibuk, pasti kalian penasaran dan ingin tau cara mengetahui nomor pacar sibuk kenapa bukan?

Untuk cara mengetahui nomor sedang sibuk sendiri tidak ada cara yang pasti, namun saya akan menunjukan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan nomor sedang sibuk jika di telpon. Selain itu saya akan sedikit menjelaskan tentang jurusan yang ada tuju sedang sibuk artinya apa, supaya kalian tahu.

Jadi jika nomor sibuk adalah dimana HP kita tidak bisa menerima panggilan masuk karena beberapa penyebab dan faktor. Untuk penyebab nomor sedang sibuk akan saya jelaskan nanti di bawah. Namun intinya nomor tersebut aktif dan mendapatkan jaringan, namun tidak bisa menerima panggilan masuk.

Namun sebelum kita lanjut ke faktor penyebabnya, kalian bisa baca solusi tidak bisa mengirim SMS ke 4444, 3636, dan nomor lainnya serta penjelasan nomor tidak terdaftar, tidak dapat dihubungi, dan tidak aktif.

Penyebab Nomor Sedang Sibuk


1. Nomor Yang Dituju Sedang Bertelepon Dengan Nomor Lainnya


Ini merupakan penyebab paling besar dan yang paling sering terjadi tidak hanya di nomor telepon seluler saja, di telepon kabel pun serupa. Jadi jika nomor yang kita telpon sedang bertelepon dengan nomor lain maka kita tidak akan bisa menelpon nomor tersebut.

Karena panggilan masuk tidak akan muncul di nomor yang dituju dikarenakan sedang melakukan panggilan dengan nomor lainnya. Ini sering terjadi jika kita melakukan panggilan ke Customer Service. Karena customer servicenya hanya beberapa orang namun yang menelpon dari seluruh Indonesia.

Untuk mengatasinya jika telepon kabel kalian bisa telepon ulang di lain waktu lagi. Jika untuk nomor telepon seluler lebih baik kalian mengirimkan pesan SMS bahwa kalian tadi menelpon orang tersebut namun nomornya sedang sibuk.

2. Jaringan Data Seluler 4G Only


Seperti yang kita tau, bahwa di jaringan 4G kita tidak bisa mengirim dan menerima panggilan telepon dan SMS. Hal ini bisa menyebabkan nomor sedang sibuk jika nomor tujuan kita hanya aktif di 4G only.

Selain itu, jika kita juga mengaktifkan 4G only atau mengunci jaringan hanya di 4G maka kita juga tidak bisa menerima, mengirim SMS dan melakukan panggilan keluar serta tidak bisa menggunakan Dial.


3. VoLTE Tidak Bekerja Secara Sempurna


Seperti pada penyebab kedua, untuk operator Smartfren karena hanya bisa menggunakan jaringan 4G saja, maka mereka menyematkan fitur VoLTE supaya bisa untuk SMS dan Telepon. Jadi jika nomor Smartfren fitur VoLTE nya tidak bekerja secara sempurna atau hilang maka tidak bisa menerima telepon dan SMS masuk serta tidak bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan keluar.

Untuk mengaktifkan fitur VoLTE yang hilang saya sudah pernah membahasnya, jadi kalian bisa baca saja cara mengaktifkan VoLTE Smartfen yang tidak muncul.

4. HP Ngehang


Berikutnya yaitu nomor yang sedang kita tuju HP atau ponselnya sedang ngehang tidak bisa digunakan. Ngehang disini yaitu HP nyala tapi tidak bisa digunakan, seperti jika layar sentuh maka hp tidak bisa disentuh.

Kenapa HP ngehang bisa membuat nomor HP menjadi sibuk? Karena digunakan saja tidak bisa apalagi menerima panggilan masuk, jadi operator akan mendeteksi bahwa nomor tersebut sedang sibuk karena statusnya aktif jadi tidak terbaca nomor tersebut sedang tidak aktif.

5. Panggilan Ditolak

Yang terakhir yaitu karena panggilan ditolak oleh pemilik nomor yang sedang kita telpon. Jadi orang tersebut lebih memilih menolaknya dari pada menerimanya saat mengetahui bahwa kita yang menelpon. Jadi jika panggilan ditolak, maka akan ada pemberitahuan bahwa nomor tersebut sedang sibuk

Nah itu dia penjelasan mengenai nomor yang anda tuju sedang sibuk, mulai dari penyebab dan cara mengatasinya. Dan untuk membuat nomor sibuk di nomor sendiri mungkin kalian bisa menelpon orang supaya jika ada yang menelpon nomor kalian terlihat sibuk.

Jika nomor sibuk pasti tidak dapat menerima panggilan dari siapa saja, namun untuk menerima SMS masih bisa kecuali jika 4G only, VoLTE tidak aktif dan HP ngehang. Jika kalian pengguna kartu Tri juga kalian bisa baca penyebab tidak bisa cek pulsa dan kuota 3, mungkin saja kalian sering mengalaminya.


EmoticonEmoticon