Kamis, 14 Maret 2019

4 Cara Sederhana Untuk Mengetahui Facebook & Instagram Sedang Gangguan atau Tidak

WhatsApp, Facebook, Instagram Down

KEPOINDONESIA.id - Facebook merupakan sosial media yang banyak diminati saat ini. Penggunanya pun saya rasa paling banyak di antara 2 sosial media lainnya yaitu Twitter dan Instagram. Selain itu Facebook juga terhubung dengan Instagram dan WhatsApp, karena bisa dibilang 1 perusahaan. Jadi jika salah satu error, down, atau gangguan pasti akan berdampak ke aplikasi yang lainnya.

Seperti yang terjadi hari ini, 14 Maret 2019 yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp error atau gangguan secara bersamaan mulai tengah malam sampai pagi. Gangguannya pun beragam, untuk Facebook tidak bisa masuk kebeberapa fitur atau menu tertentu, Instagram tidak bisa update Story serta Login dan untuk WhatsApp tidak bisa mengirim gambar.

Gangguan tersebut sudah dibenarkan oleh pihak Facebook bahwa memang sedang ada gangguan dan akan segera diperbaiki. Selain itu gangguan atau masalah dari aplikasi itu sendiri pun sering terjadi, seperti aplikasi keluar sendiri, aplikasi berhenti, atau fitur yang tidak bisa diakses seperti " Maaf, Terjadi Masalah Harap coba lagi".

Lalu bagaimana cara mengetahui Facebook dan Instagram jika sedang gangguan atau error? Caranya pun mudah bagi saya karena saya sudah paham betul, namun jika kalian belum mengetahuinya berikut ini cara sederhana untuk mengetahui jika IG dan FB sedang down atau error.

Cara Mengetahui Facebook & Instagram Sedang Error atau Gangguan atau Tidak


1. Login di Aplikasi atau Browser


Cara yang pertama yang paling sederhana yaitu mencoba masuk atau login ke akun kita. Jika kita tidak masuk atau hanya diam atau muter-muter saja sudah dipastikan sedang down atau gangguan. Namun untuk kasus Facebook yang sering down yaitu di aplikasi Facebook Lite. Biasanya jika tidak bisa masuk di Lite tapi masih bisa masuk lewat browser dan aplikasi Facebook biasa, itu tandanya yang down atau gangguan aplikasi Litenya.

2. Coba beberapa fitur tertentu


Untuk di Facebook akan ada tanda jika FB sedang gangguan atau pembaruan, yaitu biasanya beranda dan pesan akan kosong atau hilang tidak ada apa-apanya. Untuk IG sendiri biasanya tidak ada tanda khusus selain tidak bisa diakses lewat aplikasi.

3. Cari informasi


Kalian bisa mencari informasi soal gangguan ini di grup atau halaman, untuk di Facebook sendiri lebih cepat update di grup soal FB yang sedang error. Untuk di Instagram kalian bisa pantau di akun IG nya Instagram nantinya banyak yang mengeluh disana.

4. Cek koneksi jaringan


Cara terakhir yaitu cek koneksi jaringan kalian. Bisa saja kuota atau paket internet kalian sudah habis ataupun operator yang kalian sedang ada gangguan.

Nah itu dia cara untuk mengetahui Facebook dan Instagram sedang ganguan atau tidak. Ke 4 cara tersebut biasa saya lakukan untuk mendapatkan informasi yang valid. Dan jika sedang gangguan tidak usah panik, karena hal itu akan pulih dengan sendirinya.


EmoticonEmoticon