Jumat, 25 Januari 2019

Menghapus/Menghilangkan dan Mengembalikan File Yang Terkena Rumba Ransomware

Menghapus/Menghilangkan dan Mengembalikan File Yang Terkena Rumba Ransomware

KEPOINDONESIA.id - Banyak pengguna komputer yang resah beberapa hari ini karena file-file yang terdapat di komputer terenkripsi oleh Ransomware tipe baru yaitu Rumba Ransomware. Infeksi Rumba Ransomware marak terjadi di bulan Januari 2019 ini. Karena jika komputer kalian terkena Ransomware, maka pembuatnya akan mendapatkan hak akses karena file penting di komputer kalian terkunci secara digital (enkripsi).

Penyebaran Rumba Ransomware ini cukup tinggi dan banyak dilaporkan telah mengenkripsi komputer/pc dari berbagai negara seperti Turki, Mesir, Yunani, Brasil, Chile, Ekuador, Venezuela, Jerman, Polandia, Hungaria, Indonesia, dan Thailand. Jika komputer kalian sudah terinfeksi semua file kalian akan enkripsi dengan format .rumba.

Karena faktor infeksi utama Ransomware ini adalah melalui instalasi crack yang biasanya digunakan untuk membajak software, maka secara tidak langsung dapat dikatakan kalau negara-negara yang banyak menjadi korban Rumba memiliki tingkat pengguna crack atau software bajakan/tani yang cukup tinggi.

Pencegahan atau antisipasi agar tidak terkena Rumba Ransomware yaitu jangan dulu mendownload aplikasi-aplikasi Crack/Bajakan beberapa bulan kedepan dan gunakan antivirus pada browser kalian. Untuk menghapus Rumba Ransomware kalian bisa mengikuti cara dibawah ini.


Cara menghapus/meghilangkan dan mengembalikan file yang terkena Rumba Ransomware


1. Silakan kalian masuk Safe Mode with Command Prompt

Silakan kalian masuk Safe Mode with Command Prompt.

2. Setelah CMD keluar ketik "cd restore". Setelah ter restore selanjutnya ketik "rstrui.exe"

Setelah CMD keluar ketik "cd restore". Setelah ter restore selanjutnya ketik "rstrui.exe"

3. Setelah mengketik "rstrui.exe" nanti akan muncul tulisan "Restore system files and settings", silakan kaliak klik Next saja

 Setelah mengketik "rstrui.exe" nanti akan muncul tulisan "Restore system files and settings", silakan kaliak klik Next saja

4. Nanti akan muncul tulisan lagi seperti "Automatic Restore Point" klik Next saja

Nanti akan muncul tulisan lagi seperti "Automatic Restore Point" klik Next saja

5. Setelah itu akan ada tulisan-tulisan silakan kalian klik Yes

Setelah itu akan ada tulisan-tulisan silakan kalian klik Yes

5. Tunggu PC/Komputer/Laptop kalian selesai Restart/Reboot. Setelah nyala silakan kalian download aplikasi Malware Removal, bisa dicari di google. Setelah mendownload dan mengisntall Malware Removal silakan kalian scan PC/Komputer/Laptop kalian dengan aplikasi Malware Removal pilihan masing-masing.

Untuk mengembalikan file individual telah dienkripsi oleh Ransomware "Rumba" ini kalian bisa menggunakan fitur Windows Previous Version. Namun Metode ini hanya efektif jika fungsi System Restore diaktifkan pada sistem operasi yang terinfeksi.

Nah itu dia cara menghapus Rumba Ransomware yang menyerang Komputer/Laptop kita. Untuk mengembalikan file individual telah dienkripsi oleh Ransomware "Rumba" ini kalian bisa menggunakan fitur Windows Previous Version. Namun Metode ini hanya efektif jika fungsi System Restore diaktifkan pada sistem operasi yang terinfeksi.

Rumba Ransomware ini juga dikenal untuk menghapus Shadow Volume Copies, jadi metode ini mungkin tidak akan berfungsi di semua komputer Untuk me"restore" file, klik kanan, masuk ke Properties, dan pilih tab Previous Versions. Jika file yang relevan memiliki Restore Point, pilih dan klik tombol "Restore".

Perlu diingat Rumba Ransomware hanya menyerang aplikasi aplikasi crack/bajakan/tani yang telah tersebar di Internet dalam beberapa waktu terakhir ini. Jadi jika aplikasi tani kalian sudah terinstall sejak lama tidak perlu khawatir akan terserang Ransomware. Namun alangkah baiknya untuk pencegahan kalian bisa memasang aplikasi anti Ransomware khususnya Windows di bawah Windows 10 seperti Windows 8 dan 7 atau dibawahnya lagi untuk menjaga agar tidak terkena ataupun untuk mescan aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall.


EmoticonEmoticon