Senin, 01 Oktober 2018

Mengatasi Gagal Unggah di Portal sscn.bkn.go.id

Ilustrasi para pelamar

KEPOINDONESIA.id - Pendaftaran CPNS 2018 ini berlangsung selama 2 minggu, yaitu hingga Selasa 9 Oktober 2018 melalui portal sscn.bkn.go.id. Banyak kendala yang dialami para pelamar saat hendak masuk ke portal sscn.bkn.go.id. Baik itu loading page yang lama, error ketika masuk ke laman sscn.bkn.go.id, bahkan portal sscn.bkn.go.id yang sama sekali tidak dapat diakses.

Jika kalian mengalami hal tersebut saat ingin masuk ke portal sscn.bkn.go.id baik baru ingin mendaftar, mencetak kartu informasi akun, mengunggah swafoto (foto selfie) atau mengunggah dokumen persyaratan instansi, Berikut adalah cara mengatasi gagal unggah di portal sscn.bkn.go.id.

BKN memberikan tips agar file yang kalian unggah dapat terupload secara lancar dan berhasil terunggah ke laman sscn.bkn.go.id.

  1. Bersihkan riwayat pelacakan, cache, dan cookies Browser yang kalian pakai untuk mendaftar CPNS 2018 di portal sscn.bkn.go.id.
  2. Usahakan gunakan koneksi internet yang stabil.
  3. Gunakan koneksi internet yang menyediakan space bandwith yang cukup sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala. Dalam hal ini kecepatan Upload sama dengan kecepatan Download.

Selain 3 hal tersebut, pastikan ukuran dokumen sesuai dengan yang direkomendasikan untuk di upload di portal sscn.bkn.go.id.

Berikut dokumen yang akan di unggah ke portal sscn.bkn.go.id


  1. Scan pas foto dengan ukuran maksimal file 200kb, dengan tipe file jpeg atau jpg.
  2. Scan swafoto/selfie (memegang KTP dan Kartu Informasi Akun) dengan ukuran maksimal file 200kb, dengan tipe file jpeg atau jpg.
  3. Scan kartu tanda penduduk dengan ukuran maksimal file 200kb, dengan tipe file jpeg atau jpg.
  4. Scan surat lamaran dengan ukuran maksimal file 300kb, dengan tipe file pdf.
  5. Scan ijazah dengan ukuran maksimal file 700kb, dengan tipe file pdf.
  6. Scan transkrip dengan ukuran maksimal file 500kb, dengan tipe file pdf.
  7. Scan dokumen lainnya dengan ukuran maksimal file 700kb, dengan tipe file pdf.

Dokumen dapat bertambah atau kurang tergantung instansi yang dituju. Perlu diingat, jangan asal memperkecil ukuran foto yang ingin di upload, untuk menghindari foto yang terlalu kecil.


EmoticonEmoticon