4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Dengan Layar Hitam Padahal Indikator Hidup

4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Dengan Layar Hitam Padahal Indikator Hidup

KEPOINDONESIA.id - Pernah saya alami ketika ingin menggunakan laptop tombol power sudah saya tekan dan indikator laptop pun sudah menyala. Tetapi ternyata layar tidak hidup-hidup dan saya dengarkan seksama mesin laptop ternyata tidak menyala dengan ciri fan tidak berputar.

Bagi sebagian orang mungkin ini menyebabkan kepanikan, tetapi saya tidak panik. Langsung saya coba cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi permasalahan serupa dan laptop yang saya miliki tadi langsung hidup tanpa ada masalah sama sekali.

Masalah black screen di laptop mungkin sering terjadi. Baik dengan mesin laptop yang menyala atau mesin mati dan hanya indikatornya yang menyala. Kunci mengatasi black screen atau blue screen yaitu satu, jangan panik.

Namanya perangkat elektronik yang perlu dihidupkan ketika ingin digunakan masalah ini sangat wajar terjadi. Sama halnya dengan mesin kendaraan pasti terkadang sulit hidup atau ada masalah saat ingin dihidupkan.

Bagaimana cara mengatasi layar laptop tidak menyala atau hanya hitam tetapi mesin atau indikator laptop menyala? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti jika kalian baru menggunakan Canva kalian bisa baca artikel mengenai cara membuat tulisan atau teks 3D lewat Canva. Selain itu jika kalian ingin mengganti format jam di Windows 10 menjadi 12 jam atau 24 jam kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.

Solusi Mengatasi Laptop Tidak Menyala Padahal Indikator Hidup


1. Tekan Ulang Tombol Power


Cara pertama kalian bisa tekan ulang tombol power. Dengan menekan ulang tombol power harapnya laptop bisa menyala kembali dengan normal. Cara ini terkadang tidak berhasil tetapi untuk langkah pertama wajib kalian coba.

2. Force Shutdown


Yang berikutnya kalian bisa force shutdown. Jadi tekan tombol power sampai indikator laptop mati. Ini yang dinamakan dengan force shutdown. Setelah laptop benar-benar mati silakan kalian tekan tombol power lagi untuk menyalakan laptop.

3. Lepas Baterai


Cara ini hanya berlaku untuk laptop keluaran lama yang baterainya ada di luar dan mudah dibongkar pasang. Apabila setelah di force shutdown dan ditekan tombol power ternyata tidak hidup silakan lepas baterai dan pasangkan kembali.

4. Pancing Dengan di Charger


Yang terakhir kalian bisa pancing dengan cara charger laptop yang kalian miliki. Saat di charger pastikan indikator pengisian daya menyala. Setelah menyala silakan kalian tekan tombol power dan tunggu apakah laptop menyala atau tidak.

Apa yang saya sebutkan khusus pemula dan orang awam. Sebenarnya jika sudah paham dan sering membongkar laptop kalian bisa coba cek RAM dan bersihkan. Pastikan juga RAM tidak kendor alias terpasang dengan benar.

Sedangkan jika kalian pemula dan cara yang sudah saya sebutkan diatas tidak ada yang berhasil lebih baik kalian minta bantuan teman kalian yang memang paham laptop. Bisa saja dibawa ke tempat servis tetapi biasanya walaupun hanya membersihkan atau mengencangkan baut tetap akan dikenakan biaya.

Itu saja yang bisa saya jelaskan dan sebelum saya akhiri apabila kalian tidak suka dengan blur di bagian lockscreen Windows 10 kalian bisa baca artikel tentang cara menonaktifkannya. Jika blur aktif maka wallpaper yang kamu gunakan tidak akan terlihat jelas.


EmoticonEmoticon