Penyebab dan Solusi Mengatasi Aplikasi dan Program di Windows Terinstall Sendiri

Penyebab dan Solusi Mengatasi Aplikasi dan Program di Windows Terinstall Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Tidak usah panik, tidak usah cemas, dan tidak usah bingung jika kalian menemukan aplikasi atau program yang tidak kalian install tiba-tiba muncul saat menginstall aplikasi lainnya. Jadi misalnya kalian menginstall aplikasi A tetapi selain aplikasi A juga ada aplikasi B atau C yang juga terinstall.

Untuk di Windows setahu saya memang sering terjadi. Tidak hanya di Windows tetapi juga di perangkat Android. Akan tetapi tetap lebih banyak di Windows dan di beberapa aplikasi akan terinstall secara otomatis dan ada juga yang harus mendapat persetujuan dari pengguna.

Untuk aplikasi yang terinstall secara otomatis di Android sudah pernah saya bahas. Jika kalian ingin tau kalian bisa baca artikel tersebut. Sedangkan untuk kali ini saya akan menjelaskan aplikasi dan program yang tidak jelas muncul sendiri di Windows khususnya setelah menginstall aplikasi.

Lebih jelasnya langsung saja saya jelaskan mengenai aplikasi yang terinstall sendiri di Windows. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara buat folder baru di Windows 10 serta cara cepat dan mudah refresh perangkat desktop Windows.

Misalnya kalian baru saja menginstall aplikasi yang tidak jelas besar kemungkinan itu adalah virus. Tetapi bagaimana jika kalian menginstall aplikasi langsung dari official situsnya tetapi ada aplikasi lain yang terinstall?.

Saya tidak tau sebutannya apa tetapi saya beri nama rekomendasi aplikasi. Singkatnya kemungkinan aplikasi B atau C sudah bekerja sama dengan aplikasi A supaya saat aplikasi A di install maka aplikasi B dan C juga terinstall.

Baik di install secara otomatis tanpa ada pemberitahuan kepada pengguna atau ada pemberitahuan dan pengguna bisa menyetujuinya atau tidak. Tetapi jika kalian menginstall aplikasi B atau C aplikasi A tidak akan terinstall.

Sebagai contoh yang saya alami saat menginstall MEmu Play. Padahal saya hanya menginstall MEmu tetapi ada aplikasi lain yang juga terinstall yaitu RAV VPN atau ReasonLab VPN.

Kemungkinan besar jika kalian ingin menggunakan VPN di MEmu bisa langsung menggunakan VPN tersebut tanpa perlu aplikasi VPN lainnya. Tetapi tenang kalian bisa uninstall aplikasi tersebut dengan mudah lewat control Panel.

Tidak hanya MEmu, ada banyak aplikasi yang bekerja sama supaya ikut terinstall saat aplikasi tertentu di install. Seperti saat kalian menginstall Adobe Photoshop, akan ada beberapa program dari Adobe yang akan direkomendasikan seperti Adobe Bride.

Saya yakin masih banyak yang belum tau dan cemas. Tetapi jika aplikasi yang kalian install aplikasi yang tidak jelas kemungkinan itu bukan rekomendasi aplikasi melainkan virus. Jadi kalian harus hati-hati dan segera menghapusnya.

Itu saja pembahasan dari saya semoga bermanfaat dan membantu kalian.Tidak bisa menghapus atau uninstall Avast? kalian bisa baca artikel tips dan solusi mengatasi Avast yang tidak bisa dihapus dari Laptop dan Komputer.


EmoticonEmoticon