Fungsi Tombol Home, Recent Apps, dan Back di Smartphone

Fungsi Tombol Home, Recent Apps, dan Back di Smartphone

KEPOINDONESIA.id - Navigasi Gesture sudah sepenuhnya digunakan di smartphone keluaran terbaru yang menggantikan navigasi bar dan tombol navigasi. Akan tetapi masih cukup banyak khususnya perangkat low-end yang masih menggunakan navigasi bar karena sebenarnya pengguna bisa memilih.

Ingin menggunakan Navigasi Gesture atau Navigasi Bar. Tetapi berbeda kasus dengan tombol Navigasi, tombol Navigasi di smartphone hampir benar-benar ditinggalkan. Perbedaan Navigasi Bar dengan tombol Navigasi yaitu dari penempatannya.

Seperti namanya Navigasi Bar berada di layar yang membuat ruang dibawah layar digunakan untuk navigasi. Berbeda dengan tombol Navigasi yang berupa tombol fisik yang membuat layar sepenuhnya bisa kalian lihat dan tidak ada bagian yang cukup mengganggu.

Apapun jenis navigasinya setidaknya ada 3 perintah atau tindakan yang bisa dilakukan mulai dari Recent Apps, Home, dan Back. Apa pengertian dan fungsi dari ketiganya? saya yakin secara dasar sudah tau semua.

Akan tetapi akan saya bahas lebih lanjut supaya kalian tau lebih banyak. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi perawatan perangkat di HP Samsung serta solusi mengatasi remote TV yang tidak bisa digunakan atau error.

Tombol Home atau Home


Tombol Home adalah tombol yang bisa kalian gunakan untuk menutup atau keluar dari aplikasi dan menuju layar utama atau layar depan. Daripada menggunakan tombol Back beberapa orang lebih suka menggunakan tombol Home.

Ada juga yang saking sukanya dengan tombol Back yang seharusnya bisa dilakukan dengan tombol Home tetapi tetap menggunakan tombol Back. Selain itu fungsi tombol Home terbilang cukup banyak tergantung dari sistem perangkat.

Sebagai contoh tombol Home juga berfungsi sebagai Google Assistant dengan cara menahan tombol home beberapa detik. Selain itu dengan ketuk 2 kali tombol home di beberapa perangkat bisa langsung mengakses aplikasi Kamera.

Tombol Recent Apps atau Recent Apps


Recent Apps bisa saya sebut sebagai versi sederhana Task Manager yang ada di Windows. Jika di Task Manager dapat menampilkan banyak informasi sedangkan di Recent Apps hanya sedikit bahkan sangat terbatas.

Selain menampilkan aplikasi yang sudah pernah dibuka di Recent Apps menandakan aplikasi masih berjalan walaupun di layar belakang. Jika kalian keluar dari aplikasi lewat Home atau Back aplikasi tetap berjalan.

Kecuali setelah kalian keluar kalian hapus aplikasi terkait dari Recent Apps maka aplikasi akan berhenti sepenuhnya. Aplikasi di Android bisa berjalan sendiri karena beberapa faktor, akan tetapi jika tidak tampil di Recent Apps penggunaan baterainya hanya beberapa persen saja.

Tombol Back atau Back


Seperti namanya tombol ini digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya bukan kembali ke aplikasi yang baru saja kalian buka. Jika ingin kembali ke aplikasi yang baru kalian buka kalian bisa memanfaatkan Recent Apps.

Tombol Recent Apps hanya memiliki fungsi tunggal yaitu kembali. Sedangkan Recent App selain menampilkan aplikasi yang sedang berjalan di beberapa kondisi bisa berfungsi sebagai tombol pilihan.

Untuk tombol Navigasi fisik tidak memiliki banyak fitur tidak seperti Navigasi Bar atau Navigasi Gesture. Tetapi fungsi utamanya sama saja jadi dengan ada artikel ini kalian bisa tau fungsi dari tombol atau perintah yang sedang kalian gunakan.

Sebelum saya akhiri apakah kalian dulu pernah mendengar istilah NSP? jika pernah tetapi belum tau artinya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai apa itu NSP di video klip lagu.


EmoticonEmoticon