Jangan Menyalakan Lampu Jauh Terus Menerus, Ini Bahayanya

Jangan Menyalakan Lampu Jauh Terus Menerus, Ini Bahayanya

KEPOINDONESIA.id - Berkendara saat malam hari perlu kehati-hatian yang lebih ekstra. Selain jalan yang lebih berbeda karena dalam kondisi gelap cahaya lampu dari kendaraan dari lawan arah juga sering menyebabkan pengendara menjadi kurang waspada.

Banyak kasus cahaya dari kendaraan yang berlawanan terlalu terang dan mempersulit kendaraan dari arah sebaliknya. Memang jika belum terbiasa keluar malam cahaya dari kendaraan yang berlalu lalang terlihat sangat terang.

Walaupun terang sebenarnya jika sudah terbiasa lampu dari kendaraan baik motor atau mobil hanya seperti lampu biasa. Masalahnya saat pengendara menggunakan lampu jauh. Setidaknya ada 2 pilihan lampu yaitu lampu jauh dan lampu dekat.

Lampu dekat digunakan saat kendaraan berjalan tidak terlalu kencang atau saat di lokasi yang banyak penerangannya. Sedangkan lampu jauh digunakan saat kendaraan dalam kecepatan tinggi dan saat ada di lokasi yang benar-benar gelap untuk memastikan didepan tidak ada hal yang mencurigakan.

Kenapa lampu jauh tidak boleh digunakan terus-terusan? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang disebut Satmori dan Sunmori serta fungsi dari lampu DRL di mobil kekinian.

Alasan utama kenapa lampu jauh tidak boleh digunakan secara terus-menerus yaitu karena mengganggu pengendara lain dari arah sebaliknya. Seperti yang kalian tau lampu jauh cenderung memiliki cahaya yang jauh kedepan dan lebih tinggi dari lampu dekat.

Karena lebih tinggi dari lampu dekat lampu jauh sangat mudah menyilaukan pengendara dari lawan sebaliknya. Lampu jauh bisa digunakan saat memang dibutuhkan seperti saat melintasi turunan yang terjal.

Dengan menggunakan lampu jauh pengendara atau pengemudi bisa memastikan turun tersebut apakah aman atau tidak. Ketika muncul pengendara lain dari lawan arah kalian wajib menggantinya ke lampu dekat dan bisa menggunakan lampu jauh lagi jika tidak ada kendaraan dari arah yang berlawanan.

Jadi itu dia alasan kenapa kalian tidak boleh menggunakan lampu jauh terus menerus dan sembarangan baik saat menggunakan roda dua atau roda empat. Selain diri sendiri kalian juga harus menghargai orang lain supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingin mencoba membeli bahan bakat di SPBU Pertamina dengan menggunakan aplikasi MyPertamina? kalian wajib cek terlebih dahulu SPBU yang mendukung pembayaran menggunakan metode pembayaran MyPertamina seperti pada artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon