Apakah Baterai Bisa Kadaluwarsa? Dan Kapan Tanggal Kadaluwarsa Baterai?

Apakah Baterai Bisa Kadaluwarsa? Dan Kapan Tanggal Kadaluwarsa Baterai?

KEPOINDONESIA.id - Baterai menjadi salah satu komponen penting pada beberapa barang elektronik yang sifatnya portable seperti remote, HP, senter, kamera, jam, dan masih banyak yang lainnya. Tipenya pun bermacam-macam.

Yang jelas ada baterai yang bisa dicas dan ada yang tidak bisa di cas atau diisi ulang. Nah beberapa waktu yang lalu saya penasaran apakah ada tanggal kadaluwarsa baterai dan bagaimana jika sudah melewati tangga kadaluwarsa?

Seperti baterai beberapa perangkat HP jadul yang keluar dibawah tahun 2010. Rata-rata baterai HP jadul tersebut masih original dan bisa menyala dan di cas seperti biasa padahal umurnya sudah 10 tahun lebih.

Apakah normal baterai bisa digunakan 10 tahun lebih? saya jawab normal saja. Kadaluwarsa di baterai lebih tepatnya hanya ada di baterai baru yang tidak bisa dicas atau non rechargeable. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti kenapa baterai 18650 tidak bisa di charging serta perbedaan mode Balanced, Power Saver, dan High Performance di Windows 10.

Bisa saya simpulkan kadaluwarsa di baterai hanya ada di baterai baru khusus non rechargeable yang tidak bisa di cas. Artinya baterai baru tersebut harus digunakan sebelum tanggal kadaluwarsa untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika digunakan setelah tanggal kadaluwarsa sebenarnya tidak masalah, kemungkinan voltasenya sedikit kurang dan baterai bisa saja cepat habis. Bagaimana dengan baterai yang bisa di cas atau rechargeable seperti baterai senter dan baterai HP?

Tidak ada tanggal kadaluwarsa dan bisa digunakan sampai kapanpun asalkan kondisi baterai masih baik. Buktinya banyak sekali baterai HP jadul yang dibawah 2010 bahkan dibawah 2005 yang masih dalam kondisi baik.

Asalkan dirawat dengan baik baterai tipe rechargeable bisa bertahan lama dan tidak ada kata kadaluwarsa tetapi bisa aus, soak, atau minta diganti. Jadi kadaluwarsa di baterai hanya untuk baterai non rechargeable saja.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kalian punya perangkat Tablet atau Tab tetapi baterainya boros? kalian bisa baca solusi mengatasi perangkat Tablet yang boros baterai.


EmoticonEmoticon