4 Solusi Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Memulai di iPhone

4 Solusi Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Memulai di iPhone

KEPOINDONESIA.id - Sistem operasi iOS memang berbeda dengan Android, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Yang menjadikan iOS lebih eksklusif ialah iOS hanya digunakan di produk Apple saja seperti iOS di iPhone, iPadOS di iPad, dan yang lainnya.

Sedangkan sistem operasi Android digunakan di banyak smartphone dari berbagai merek yang ada mulai dari Samsung, Asus, Lenovo, Xiaomi, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya digunakan di smartphone, tetapi Android juga digunakan di tablet yang dikeluarkan oleh merek-merek tadi.

Selain sistem operasinya yang berbeda jauh, aplikasi yang ada di masing-masing juga berbeda. WhatsApp dan Facebook salah satu contoh aplikasi yang memiliki perbedaan sangat jauh antara aplikasi yang ada di iOS dan Android.

Selain Facebook dan WhatsApp, saya yakin masih banyak aplikasi lainnya yang berbeda antara versi Android dan iOS. Terlepas dari itu semua masalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka selain bisa terjadi di Android ternyata juga bisa terjadi di iOS.

Aplikasi WhatsApp di iPhone saat dibuka muncul peringatan "Tidak dapat memulai WhatsApp. Mohon mulai ulang iPhone Anda jika masalah berlanjut". Walaupun disarankan mulai ulang jika tidak ada perubahan, tetapi hal tersebut tidak membantu sama sekali.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan mengenai solusi mengatasi aplikasi WhatsApp di iOS atau di iPhone yang tidak bisa dibuka karena tidak mau memulai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa WhatsApp di iPhone sering keluar sendiri serta fungsi mode WA yang ada di Infinix.

Solusi Tidak Bisa Memulai WhatsApp di iPhone


1. Coba Perbarui Aplikasi WhatsApp


Cara pertama kalian bisa cek App Store dan cari aplikasi WhatsApp apakah ada pembaruan atau tidak. Jika ada langsung saja kalian perbarui supaya aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan berada di versi terbaru.

Tetapi jika tidak ada kalian bisa tunggu beberapa saat. Atau jika tetap tidak bisa dibuka karena tidak bisa memulai kalian bisa baca solusinya berikutnya supaya aplikasi WhatsApp yang ada di iPhone kalian bisa dibuka.

2. Pastikan Tanggal dan Waktu Benar


Tidak hanya di WhatsApp versi iOS, masalah ini juga berlaku di WhatsApp versi Android. Jika tanggal dan waktu tidak sesuai atau selisihnya terlalu jauh dengan waktu sekarang aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dibuka sebelum tanggal dan waktu disesuaikan.

3. Hapus dan Install Ulang Aplikasi WhatsApp


Jika aplikasi WhatsApp sudah kalian perbarui atau tidak ada pembaruan WhatsApp tetapi belum berhasil kalian bisa coba hapus aplikasi WhatsApp dan install ulang. Tetapi sebelum melakukannya kalian harus memastikan bahwa kalian sudah melakukan backup data WhatsApp.

4. Perbarui Versi iOS


Misalnya ketiga cara yang saya sebutkan tidak berhasil coba lihat versi iOS di iPhone kalian. Jika ada versi terbaru silakan kalian update saja karena kemungkinan besar di versi iOS yang sekarang ada bug WhatsApp yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka.

Dari apa yang saya sebutkan tadi bisa berhasil tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya tanggal di iPhone kalian tidak sesuai dengan cara mengatur tanggal dan waktu masalah tersebut akan langsung teratasi.

Tetapi jika belum tau penyebabnya akan sulit mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Oleh karena itu saran saya jika kalian mengalami kesulitan langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mencari penyebab, setelah tau penyebab kalian akan mudah menentukan solusinya.

Dan sebelum saya akhiri apakah kalian sering mengalami tidak bisa mengirim pesan lewat WhatsApp? jika iya kalian bisa baca solusi mengatasi tidak bisa mengirim pesan WhatsApp padahal sebelumnya bisa.


EmoticonEmoticon