Pengertian dan Fungsi USB Hub, Aksesoris Penambah Port Tambahan

Pengertian dan Fungsi USB Hub, Aksesoris Penambah Port Tambahan

KEPOINDONESIA.id - Keluh kesah menggunakan Laptop selain ukuran layarnya yang terbatas karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan ke efisienan masalah jumlah port yang tersedia juga cukup membebani beberapa pengguna.

Dari beberapa port yang ada salah satu port yang cukup dibutuhkan yaitu USB port. USB port salah satu port yang biasa digunakan untuk menghubungkan Flashdisk, Mouse, Keyboard, dan beberapa aksesoris lainnya.

Tidak hanya di Laptop, USB port juga ada di Komputer. Sayangnya untuk di Laptop jumlah USB port rata-rata hanya 2 saja. Artinya jika kalian sudah menggunakan kedua USB port tadi dan ingin menghubungkan aksesoris lainnya tidak akan bisa.

Karena kebutuhan pengguna yang cukup banyak maka dihadirkan aksesoris yang bisa memecahkan masalah tersebut yaitu USB Hub. Apa itu USB Hub dan apa fungsinya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelumnya kalian bisa baca kenapa USB OTG tidak terbaca saat digunakan serta apa perbedaan antara Flashdisk dan Card Reader. Sebelum ke USB Hub saya sarankan kalian baca kedua artikel tadi karena keduanya lebih populer dan lebih sering terdengar dari pada USB Hub.

USB Hub adalah aksesoris yang menyediakan USB port lebih dari 2 bisa 4, 6, atau lebih untuk kebutuhan aksesoris. Dengan menghubungkan USB Hub ke perangkat baik Laptop atau Komputer kalian akan mendapatkan jumlah USB port sesuai yang ada di USB Hub.

Artinya semua aksesoris akan dihubungkan ke USB Hub dan USB Hub akan menghubungkan aksesoris tadi ke perangkat. Bisa dibilang USB Hub cara kerjanya sama seperti Stop Kontak dengan beberapa lubang.

Fungsi apa? yaitu menambah jumlah USB port supaya bisa menghubungkan banyak aksesoris. Misalnya awalnya kalian hanya bisa menghubungkan 2 aksesoris saja dengan USB Hub kalian bisa menghubungkan 4 aksesoris bahkan bisa lebih tergantung jumlah port yang ada di USB Hub.

Selain aksesoris seperti mouse dan keyboard, USB Hub juga bisa kalian gunakan untuk menghubungkan Flashdisk, Card Reader, dan HP menggunakan kabel data. Yang jelas pilih USB Hub yang bagus untuk meminimalisir kerusakan karena USB Hub yang tidak stabil.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai USB Hub dan apa fungsinya semoga bermanfaat bagi kalian. Bagi kalian pengguna Laptop saran saya kalian wajib memiliki USB Hub karena itu sangat membantu sekali.

Sebelum saya akhiri apakah perangkat Android kalian muncul peringatan suhu terlalu rendah atau suhu terlalu tinggi? jika iya kalian bisa baca kenapa muncul peringatan suhu terlalu tinggi atau rendah saat HP di cas atau di charger.


EmoticonEmoticon