Mengenai Rating IPX4, Apakah Aman Dari Air?

Mengenai Rating IPX4, Apakah Aman Dari Air?

KEPOINDONESIA.id - IP rating menjadi nilai jual tersendiri pada perangkat smartphone keluaran terbaru jaman sekarang. Selain kamera, prosesor, RAM+ROM, dan baterai, IP rating cukup bisa mempengaruhi calon pembeli pada perangkat yang memiliki IP Rating tinggi.

Perlindungan pada perangkat smartphone sangat penting karena smartphone bisa dibawa kemana saja di situasi apapun. Oleh karena itu perkembangan smartphone cukup pesat dari pada perkembangan teknologi di bidang lain.

IP rating kini menjadi standar perlindungan pada beberapa mid-end ke atas yang bisa membuat perangkat lebih layak dimiliki. Dari beberapa IP rating yang ada IP rating yang cukup sering ditemui di perangkat Android terbaru yaitu IPX4.

Selain IPX4 ada banyak sekali IP rating mulai dari IPX0 sampai IPX8. Untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan apa yang dimaksud dengan IP rating serta akan saya bahas mengenai IP rating mulai dari IPX0 hingga IPX8.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Sedikit tambahan sebelum ke pembahasan utamanya, IP rating salah satu rating yang berkaitan dengan air. Sedangkan untuk panas dan jatuh memiliki rating yang berbeda.

Tidak tau apa yang dimaksud dengan ATM, BAR, dan Water Resistant? jika tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Selain itu jika kalian memiliki perangkat Mi Band dari Xiaomi dan layarnya tidak bisa disentuh kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

IP sendiri singkatan dari Ingress Protection yaitu perlindungan dari berbagai macam kemasukan yang merupakan standar utama dari jenis perlindungan yang sudah di keluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) sebagai pemilik lisensi.

IEC mengeluarkan berbagai lisensi perlindungan IP rating yang berbeda-beda. Seperti IPX4, IPX5, IP67, IP68, dan masih banyak yang lainnya. Dan yang akan saya bahas kali ini yaitu IPX yang ada hubungannya dengan air.

IPX0 - Pemakaian wajar, tidak pernah diujicobakan ketahanan terhadap air.

IPX1
- Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal.

IPX2 - Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal bahkan ketika kerangka penutup miring sampai dengan 15 derajat.

IPX3 - Dapat terlindungi dari cipratan air yang halus.

IPX4 - Dapat terlindungi dari cipratan air normal.

IPX5 - Dapat terlindungi dari semprotan air.

IPX6 - Dapat terlindungi dari semprotan air yang kuat.

IPX7 - Mampu terendam di dalam air.

IPX8
- Cocok untuk terendam di dalam air secara berkelanjutan dalam waktu yang lama.

Dari beberapa IPX rating diatasi bisa kalian lihat bahwa IPX4 merupakan rating yang bisa dikatakan cukup bagus. Terlindungi dari cipratan air normal seperti tidak sengaja terkena tumpahan minuman atau bisa digunakan saat hujan jika memang dibutuhkan.

IPX4 bukan yang tertinggi, karena ada beberapa perangkat yang memang sudah memiliki sertifikat IPX7. Bisa dibawa ke air dan bisa digunakan dalam air juga tanpa perlu takut dengan masalah yang ada hubungannya dengan air.

Untuk artikel ini ini cukup itu saja yang saya bahas yaitu mengenai setifikat IPX atau perlindungan terhadap cairan seperti air. Untuk sertifikat seperti IP68 akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Sebelum saya akhiri apakah kalian tau apa yang disebut dengan garansi personal? khususnya saat membeli barang bekas?. Jika tidak tau kalian bisa baca artikel mengenai apa itu Garansi Personal apakah sama dengan Garansi Toko dan Garansi Resmi.


EmoticonEmoticon