Kenapa dan Kapan VVA di Motor Yamaha Akan Aktif

Kenapa dan Kapan VVA di Motor Yamaha Akan Aktif

KEPOINDONESIA.id - Teknologi VVA adalah teknologi unggulan yang dimiliki produsen otomotif Yamaha pada sepeda motor produksi mereka. Salah satu sepeda motor Yamaha yang sudah mendukung teknologi VVA yaitu di All New NMAX dan All New Aerox.

VAA menjadi nilai jual tersendiri yang memang membuat performa mesin menjadi meningkat. Variable Valve Actuation (VVA) mengatur buka tutupnya katup untuk menyesuaikan suplai bahan bakar ke ruang bakar.

Selain hasilnya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, VVA juga dapat meningkatkan kinerja mesin saat diputaran atas. Walaupun teknologi ini cukup canggih, VVA tidak akan aktif seterusnya dan akan aktif di waktu tertentu salah satunya saat mesin berada di putaran atas.

Asalkan motor Yamaha yang kalian miliki sudah mendukung VVA, secara default VVA sudah aktif tanpa perlu diatur secara manual. Hanya saja untuk mengaktifkan VVA saat dalam posisi berkendara ada syarat khusus yang harus dipenuhi.

Untuk tau apa syaratnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca kenapa ada air menetes dari lubang dibawah knalpot motor serta apa perbedaan panel speedometer Positive Display dan Negative Display.

Singkatnya untuk mengaktifkan teknologi VVA mesin harus berada di putaran atas. Dari beberapa sumber yang saya baca walaupun pada kecepatan 60KM/jam jika RPM motor tidak tinggi VVA tidak akan aktif karena tidak akan muncul logo VVA di speedometer.

Tetapi jika berada di kecepatan 60KM/jam atau lebih dengan RPM tinggi VVA akan langsung aktif dan tenaga motor akan lebih responsif dan terasa ringan. Karena membantu kinerja mesin, VVA tetap aktif walaupun dalam kecepatan pelan asalkan RPM tinggi.

Sebagai contoh di tanjakan, VVA pasti akan aktif walaupun motor yang kalian tunggangi hanya berjalan 40KM/jam. Variable Valve Actuation aktif saat di tanjakan supaya tenaga motor tetap ada dan terjaga.

Selain menjaga kecepatan motor juga mencegah mesin kehilangan tenaga karena trek tanjakan yang terjal dan panjang. Kesimpulannya VVA selalu aktif hanya saja untuk mengaktifkannya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Karena sebagai fitur tambahan, saran saya kalian jangan memaksakan berkendara dengan kecepatan tinggi hanya untuk mengaktifkan VVA. VVA akan bekerja secara otomatis jika memang dibutuhkan salah satunya saat berada di tanjakan.

Itu saja yang bisa saya jelaskan dan kemungkinan besar VVA yang ada di motor matik dan sport akan memiliki feeling berkendara yang berbeda. Suspensi depan sering jedag jedug? kalian bisa baca solusi mengatasi jedag jedug di suspensi depan sepeda motor.


EmoticonEmoticon