Solusi Aplikasi CapCut Lag dan Lambat Saat Digunakan

Solusi Aplikasi CapCut Lag dan Lambat Saat Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Konten video kian hari kian populer dan banyak orang yang menikmatinya. Mulai dari konten hiburan, tutorial, hingga video random yang tidak jelas tetapi menghibur. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengedit di perangkat seperti Android.

Sebagai contoh untuk konten YouTube kalian bisa menggunakan aplikasi seperti Kinemaster dan PowerDirector. Kenapa harus Kinemaster dan PowerDirector? karena kedua aplikasi tadi memang diperuntukan untuk konten yang di unggah ke video YouTube.

Sedangkan untuk konten video ringan seperti video lucu atau hanya sekedar video dengan kata-kata kalian bisa menggunakan VivaVideo dan CapCut. CapCut menjadi sangat populer karena fitur yang ada memang sangat menarik.

Selain banyak fitur menarik user interface aplikasi bisa dibilang cukup mudah sama seperti VivaVideo yang memungkinkan pengguna awam bisa mengoperasikannya dengan mudah. Nah salah satu masalah yang sering muncul di aplikasi editing video seperti CapCut yaitu aplikasi sering lemot atau lambat.

Untuk penyebabnya sudah pasti ada di spesifikasi perangkat. Karena semakin tinggi spesifikasi perangkat akan semakin mudah menjalankan sebuah aplikasi. Tetapi jika perangkat menjalankan aplikasi yang cukup berat maka lag akan muncul.

Apa ada solusinya? dibilang solusi saya rasa kurang tepat, karena yang akan saya bahas yaitu cara untuk mengurangi lag yang ada di aplikasi CapCut. Dengan begitu minimal kalian menggunakan aplikasi CapCut lebih nyaman lagi.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai proses edit video jadi kalian bisa baca artikel mengenai apa yang disebut dengan aspek rasio serta cara membuat suara tupai dan robot lewat aplikasi Kinemaster.

Cara Mengatasi Aplikasi Lambat dan Patah-Patah Saat Digunakan


1. Kompres dan Edit Video di Aplikasi Lain


Yang pertama kalian bisa kompres terlebih dahulu file video yang ingin kalian edit khususnya video yang kalian rekam langsung lewat kamera HP. Selain itu jika video memiliki durasi yang panjang dan hanya sebagian yang ingin kalian edit di CapCut lebih baik potong terlebih dahulu.

Hanya sekedar memotong atau cut durasi video ada banyak aplikasi ringan yang bisa kalian gunakan. Jadi kompres dan potong terlebih dahulu setelah itu kalian buka aplikasi CapCut dan cari file video tadi.

2. Jalankan Aplikasi CapCut Saja


Penting sekali jika spesifikasi perangkat kalian pas-pasan sangat diwajibkan menutup semua aplikasi termasuk yang ada di recent apps saat membuka satu aplikasi yang cukup berat. Hal ini penting supaya RAM menjadi lebih lega.

3. Edit Secukupnya


Yang terakhir kalian bisa edit video secukupnya, dengan efek yang minimal dan dengan filter yang minimal. Ini hanya berlaku jika CapCut lag saat digunakan yang menandakan spesifikasi perangkat kalian kurang mumpuni.

Tetapi jika aplikasi CapCut lancar jaya saat digunakan kalian bisa menggunakan efek dan filter sepuasnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian. Semakin banyak rendering efek dan filter membuat aplikasi CapCut berat dioperasikan.

Intinya banyak hal yang bisa kalian coba untuk mengatasi aplikasi yang berat dan lag saat digunakan. Selain itu saran saya saat menggunakan aplikasi yang memang ada iklannya lebih baik menonakifkan koneksi internet supaya iklan tidak muncul.

Berbicara mengenai YouTube apakah kalian sering mengalami nonton video di YouTube tetapi kualitas maksimalnya hanya 480p atau 720p saja padahal dari Youtuber terkenal? jika penasaran dengan penyebabnya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon