3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload atau Kirim File PDF di Website dan Email

3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload atau Kirim File PDF di Website dan Email

KEPOINDONESIA.id - Tidak hanya DOC atau DOCX, PDF juga sering digunakan sebagai format yang digunakan dalam mengirim suatu dokumen. Sebagai contoh saat kalian mendatar sesuatu dan diminta mengunggah data diri kalian menjadi satu dalam file .PDF.

Atau kalian ingin melamar pekerjaan lewat email dan dokumen yang diterima hanya PDF saja. Jika disuruh memilih dokumen untuk dilihat saya sendiri lebih suka dengan PDF karena jelas lebih rapi dan nyaman digunakan.

Tetapi jika untuk di edit dan dirubah lagi isinya dokumen DOC atau DOCX dari Microsoft Office lah yang paling tepat. PDF bisa di edit tetapi lebih rumit tidak seperti dokumen DOCX yang bisa diubah langsung saat berada di MS Word.

Permasalahan yang terjadi saat mengirim file PDF atau lebih tepatnya saat mengunggah file PDF ialah file PDF tidak bisa di upload atau gagal di upload. Jika tidak berhasil terupload maka file PDF tadi bisa dikatakan belum terkirim ke database website.

Oleh karena itu jika belum terupload dan data itu penting usahakan bahwa dokumen PDF yang kalian miliki benar-benar terunggah dan terkirim ke database. Bagaimana cara mengatasinya? mengatasi file PDF tidak bisa di unggah atau gagal di upload.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, untuk tau caranya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Sebelum lanjut caranya saya sarankan kalian baca artikel mengenai file PDF yang tidak bisa dibuka serta cara membuka dokumen lewat aplikasi WhatsApp.

Solusi File PDF Gagal di Unggah


1. Pastikan Koneksi Internet


Sebelumnya yang wajib kalian pastikan ialah koneksi yang kalian gunakan. Tidak seperti proses unduh atau download, proses upload atau unggah tidak memiliki kecepatan yang sama seperti proses downloading.

Oleh karena itu walaupun file yang di upload memiliki size yang kecil besar kemungkinan proses uploading bisa gagal. Jadi yang pertama kalian wajib memastikan koneksi internet yang kalian gunakan stabil dan kencang.

2. Size File PDF Terlalu Besar


Masalah utama saat mengirim dan mengunggah file dokumen seperti PDF yaitu batasan file. Di beberapa situs membatasi ukuran file yang bisa di unggah seperti file PDF salah satunya maksimal 200 KB atau 500 KB.

Jika lebih maka file PDF akan otomatis gagal dan jika kalian coba terus akan tetap gagal jika ukurannya masih besar. Solusinya coba kalian kompres file PDF supaya ukurannya lebih kecil atau buat file PDF baru dan buat supaya ukurannya tidak terlalu besar.

3. File PDF Bermasalah


Penyebab terakhir karena file PDF bermasalah seperti file corrupt. Jika file PDF bermasalah kemungkinan file tadi tidak terdeteksi file PDF dan saat di unggah gagal karena hanya mendukung file dengan format PDF saja.

Untuk mengatasinya kalian bisa coba buka file PDF akan bisa dibuka atau tidak, jika tidak maka file PDF benar-benar corrupt. Solusinya jika sudah seperti itu kalian harus membuat file PDF baru.

Perlu di ingat sebenarnya yang menyebabkan sering gagal upload suatu file yaitu karena proses uploading tidak seperti downloading. Selain itu metode yang digunakan juga rata-rata masih sederhana jika server terputus maka akan langsung gagal.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian dan kalian bisa menerapkannya. Belum tau perbedaan antara Press dan Laminating? jika kalian belum tau kalian bisa baca apa yang disebut dengan Laminating dan Press saat mengamankan dokumen seperti Ijazah dan KK.


EmoticonEmoticon