Tagihan Listrik Tidak Keluar Saat di Cek? Jangan Khawatir

Tagihan Listrik Tidak Keluar Saat di Cek? Jangan Khawatir

KEPOINDONESIA.id - Saking mudahnya pengguna bisa bayar tagihan listrik dan pembelian token PLN tanpa perlu keluar rumah alias bisa dilakukan secara online. Bisa lewat aplikasi tertentu yang memang menyediakan pembayaran dan tagihan serupa atau lewat marketplace.

Ada 2 jenis listrik yang digunakan oleh masyarakat kita yaitu Prabayar dan Pascabayar. Pelanggan Prabayar harus mengisi token listrik supaya listrik di rumah bisa menyala sedangkan pelanggan Pascabayar harus membayar tagihan setiap bulannya supaya tetap bisa menikmati listrik dari PLN.

Bagus yang mana? sudah jelas masyarakat lebih suka yang Pascabayar, tetapi saat ini untuk pemasangan instalasi listrik baru hanya menyediakan jenis Prabayar saja. Kembali ke topik, beberapa kali saya ingin melakukan pembayaran listrik Pascabayar tetapi tidak bisa.

Padahal ID pelanggan atau No. Meter yang saya input sudah benar tetapi muncul pemberitahuan "Tagihan listrik tidak keluar" atau "Nomor ID tidak ada". Awalnya saya bingung padahal sebelumnya bisa kenapa sekarang tidak bisa.

Setelah saya telusuri ternyata ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah tersebut. Yang jelas faktor ini cukup sederhana dan kalian semua harus tau. Nah supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Sobat PLN dan Sobat Pertamina serta pengertian Voltmeter, Amperemeter, Ohmmeter, dan Multitester.

Penyebab Tidak Bisa Bayar Tagihan Listrik PLN


1. No. ID Pelanggan Salah


Yang pertama kalian wajib memastikan nomor yang biasa kalian gunakan untuk membayar tagihan listrik PLN pascabayar sudah benar. Jangan sampai salah ataupun keliru, jika struknya masih ada bisa kalian simpan.

Setahu saya untuk listrik pascabayar nomornya ada 12 digit dengan awalan 521520, itu di wilayah saya. Tetapi jika berbeda kalian hanya harus memastikan atau bisa langsung cek di meteran rumah kalian masing-masing.


2. Keliru


Karena ketidaktahuan biasanya pengguna mengecek tagihan listrik PLN di menu Token Listrik atau Listrik Prabayar. Jika kalian mengecek tagihan listrik di menu tersebut pasti tidak bisa dan gagal karena memang berbeda dan nomornya pun juga berbeda.

Jadi jangan sampai keliru, jika kalian selalu membayar tagihan listrik setiap bulannya atau tidak membeli pulsa listrik atau token listrik artinya listrik di rumah kalian menggunakan listrik Pascabayar dan kalian harus membayar tagihan bukan membeli token listrik.

3. Tagihan Belum Ada Karena Masih Awal Bulan


Jika kalian melakukan pengecekan tagihan listrik pas awal bulan atau tepat tanggal 1 setiap bulannya saya jamin tidak akan bisa. Rata-rata memang seperti itu karena tagihan belum keluar atau tagihan untuk belum sebelumnya belum ada.

Secepat-cepatnya kalian cek pada tanggal 2 atau diatas tanggal 5 dan jangan sampai telat. Jika telat nantinya akan ada denda walaupun dendanya tidak seberapa akan tetapi yang namanya denda yang seharusnya tidak kalian bayar menjadi wajib kalian bayar.

Jadi itu dia beberapa faktor yang menyebabkan pelanggan listrik Pascabayar tidak bisa cek dan bayar tagihan. Terkadang ada yang salah menginput nomor pelanggan sampai terlalu cepat ingin membayar.

Semoga dengan adanya artikel ini kalian yang mengalami permasalahan seperti yang saya sebutkan menjadi terbantu. Muncul ubah pengisian daya saat mengecas baterai HP? kalian bisa baca penyebab dan solusinya.


EmoticonEmoticon