Fungsi Tombol Shift, Ctrl, dan Alt di Keyboard

Fungsi Tombol Shift, Ctrl, dan Alt di Keyboard

KEPOINDONESIA.id - Dari ketiga tombol keyboard yang akan saya sebutkan yaitu SHIFT, CTRL, dan ALT mana yang paling sering kalian gunakan? Berapa sering kalian menggunakan tergantung pekerjaan apa yang kalian gunakan dengan perangkat desktop.

Tetapi saya kira dari ketiga tombol tadi SHIFT lah yang paling banyak digunakan. Yang menjadi pertanyaan apakah kalian tau fungsi dari masing-masing tombol tadi? jika kalian mencoba menggunakannya pasti akan langsung tahu.

Tetapi kalian harus tau fungsi utama dari masing-masing tombol yang sudah saya sebutkan tadi yaitu ALT, CTRL, dan SHIFT. Supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Untuk Caps Lock kenapa tidak saya bahas?

Karena sebelumnya Caps Lock, Esc, dan Tab sudah pernah saya bahas maka jika kalian ingin tau kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya. Karena kali ini saya akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan tombol CTRL, SHIFT, dan ALT.

Ada juga tombol function yang harus kalian ketahui yaitu antara F1 dan F12 yang ada di bagian atas. Masing-masing tombol memiliki fungsi dan perintah tersendiri dan jangan kalian samakan dengan tombol numerik atau angka.

Tombol SHIFT


Tombol ini banyak memiliki fungsi dan perintah oleh karena itu cukup sulit mengartikannya. Bisa dikatakan bahwa tombol SHIFT merupakan tombol perintah untuk digunakan mengaktifkan sebuah perintah dengan kombinasi tombol lainnya.

Salah satu fungsi tombol SHIFT yaitu untuk penulisan simbol, membuat huruf kapital dengan cara menekan tombol SHIFT + huruf yang ingin dibuat kapital, serta membuat objek presisi di suatu aplikasi saat memindahkannya.

 
Tombol CTRL


Tombol Control atau yang sering disebut CTRL memiliki fungsi untuk mengaktifkan kontrol yang ada. Jadi tombol ini sebenarnya tidak memiliki fungsi dan hanya aktif jika ditekan bersamaan dengan tombol lainnya yang memang sudah menjadi perintah bersama dengan CTRL.

Sebagai contoh CTRL + A untuk menyeleksi semua teks ataupun objek, CTRL + C untuk salin atau copy, dan CTRL + V untuk paste atau tempel. Yang jelas untuk mengaktifkan fungsi kontrol tombol CTRL harus ditekan saat mengaktifkan fungsi kontrol yang ada.

Tombol ALT


ALT atau tombol Alternate/Alternatif merupakan tombol alternatif seperti CTRL, atau bisa juga disebut sebagai tombol pengubah. Sama seperti CTRL, kombinasi ALT cukup bahkan sangat banyak sekali.

Dan juga di masing-masing aplikasi bisa memiliki perintah yang berbeda walaupun kombinasinya sama. Yang jelas tombol ini tidak bisa berfungsi sendiri layaknya CTRL, tidak seperti SHIFT dengan cara menekan SHIFT bisa membuat objek menjadi presisi.

Iyu saja yang bisa saya jelaskan mengenai fungsi tombol ALT, CTRL, dan SHIFT. Jika ada kekeliruan mohon maaf dan jika ada kekurangan memang saya buat seperti itu. Yang penting kalian tau fungsi utamanya.

Pernah mendengar istilah Trackpad dan Trackball? kalian bisa baca artikel mengenai apa itu Trackpad dan Trackpad. Keduanya pernah menjadi salah satu bagian dari sebuah smartphone BlackBerry yang kini sudah sirna.


EmoticonEmoticon