Cara Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis di Android

Cara Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis di Android

KEPOINDONESIA.id - Sinkronisasi otomatis membantu memperbarui semua notifikasi dan tindakan yang terhubung dengan akun terkait. Salah satu sinkronisasi otomatis yang sering kita jumpai yaitu sinkronisasi otomatis perangkat Android dengan akun Google.

Jika sinkronisasi otomatis aktif semua perubahan yang berkaitan dengan akun Google dari layanan dan produk manapun pasti akan diperbarui secara otomatis. Sebagai contoh jika kalian menggunakan Google Kontak untuk menyimpan semua kontak telepon yang kalian simpan.

Jika kalian memiliki lebih dari satu perangkat Android dan semuanya login dengan akun Google yang sama dan sinkronisasi otomatis aktif maka jika kalian menambahkan kontak baru di perangkat yang satu di perangkat lainnya juga akan bertambah.

Sangat menguntungkan memang oleh karena itu banyak pengguna yang tetap mengaktifkan sinkronisasi otomatis. Tetapi saya sendiri lebih memilih untuk menonaktifkannya, selain kemungkinan besar bisa memperbanyak pengguna baterai sinkronisasi otomatis yang aktif bisa memunculkan banyak notifikasi.

Khususnya jika kalian sering menerima email di akun Google yang terhubung. Secara default sinkronisasi pasti aktif jadi kalian tidak perlu mengaktifkannya. Tetapi untuk bisa menonaktifkannya tidak banyak yang tau.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan cara menonaktifkan atau cara mematikan sinkronisasi pada perangkat Android. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara menghilangkan notifikasi menyinkron saat membuka aplikasi Gmail serta cara melihat kontak yang tersimpan di akun Google.

Cara Mematikan Sinkronisasi Otomatis Perangkat Android


1. Buka Setelan lalu pilih Akun & sinkron

Buka Setelan lalu pilih Akun & sinkron

2. Di Otomatis sinkronkan data silakan kalian matikan

Di Otomatis sinkronkan data silakan kalian matikan

3. Konfirmasi penonaktifkan sinkronisasi data otomatis dengan menekan Oke

Konfirmasi penonaktifkan sinkronisasi data otomatis dengan menekan Oke

4. Sinkronisasi data otomatis berhasil dinonaktifkan

Sinkronisasi data otomatis berhasil dinonaktifkan

Setelah dinonaktifkan semua notifikasi atau pemberitahuan tidak akan muncul secara otomatis khususnya email masuk ke Gmail. Kalian harus masuk ke aplikasi Gmail dan memperbarui untuk menampilkan email yang masuk. 

Tetapi bagi saya itu bukanlah masalah yang besar. Kesimpulannya tergantung kalian ingin memilih yang mana. Itu saja yang bisa saya jelaskan jika kalian mengalami aplikasi Gmail tidak bisa dibuka kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya. 


EmoticonEmoticon