Cara Mengatasi File Media Tidak Ada di Penyimpanan Internal atau Kartu SD

Cara Mengatasi File Media Tidak Ada di Penyimpanan Internal atau Kartu SD

KEPOINDONESIA.id - Selama file ada di penyimpanan kalian bisa membuka file tadi lewat apapun itu tidak harus lewat File Manager. Jika foto bisa kalian buka di galeri atau aplikasi edit foto, sedangkan video bisa kalian buka di aplikasi pemutar video.

Dan dokumen bisa kalian buka di aplikasi Dokumen. File yang sudah ada di penyimpanan tidak akan terhapus atau hilang sendiri selama tidak kalian hapus baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Tetapi terkadang ada beberapa file yang bisa terhapus saat kalian menghapus sampah dan cache perangkat. Tidak semuanya tetapi sepengalaman saya ada beberapa file yang memang bisa terhapus walaupun bukan ditandai sebagai sampah.

Saat kalian membuka file dari aplikasi pihak ketiga tetapi file sudah tidak ada nantinya akan muncul peringatan salah satunya seperti ini "Maaf file media ini tidak ada di penyimpanan internal telepon anda"

Masalah tersebut akan kalian temui saat kalian ingin melihat foto, video, atau file lainnya yang ada di WhatsApp yang dikirimkan oleh orang lain lewat pesan WhatsApp. Entah karena faktor apa file yang sebelumnya ada dan bisa kalian lihat tiba-tiba hilang.

Bagaimana supaya bisa melihat file tadi yang sebelumnya bisa dilihat? untuk menjawab bagaimana tergantung dari faktor penyebabnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara hapus kontak Telegram serta solusi obrolan di Telegram tidak ada.

Jadi ada 2 kemungkinan jika file media tidak ada di penyimpanan baik di penyimpanan internal atau eksternal. Yang pertama karena file media tadi benar-benar sudah terhapus atau hanya pindah folder saja.

Jika sudah terhapus tidak ada yang bisa kalian lakukan kecuali meminta orang yang mengirimkan file media tadi untuk mengirimkannya ulang. Sedangkan misalnya pindah ke folder lain kalian hanya perlu mencarinya.

Jika di galeri ada langsung saja kalian cari lewat File Manager sesuai folder yang ada di Galeri. Cara ini bagi sebagian orang memang sedikit sulit khususnya jika tidak tau lokasi folder tersebut ada dimana.

Asalkan di galeri ada kalian tidak usah cemas, artinya media tadi baik foto, gambar, atau video belum terhapus. Jika memang sudah terhapus apapun yang kalian lakukan tidak akan bisa mengembalikan file yang sudah terhapus.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat. Pernah melihat file msgstore di folder WhatsApp? apa sih sebenarnya file tersebut? apakah boleh dihapus dan apakah akan menghapus data WhatsApp? supaya tau kalian bisa baca penjelasannya.


EmoticonEmoticon