3 Tips Supaya Aplikasi Zoom Tidak Panas Saat Digunakan

3 Tips Supaya Aplikasi Zoom Tidak Panas Saat Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Sejak aktivitas tatap muka secara langsung dibatasi aplikasi Zoom mulai kebanjiran pengguna sampai sekarang dan saya yakin yang awalnya aplikasi Zoom sangat asing menjadi tidak asing lagi bagi kita karena setiap hari kita mengakses aplikasi ini.

Zoom merupakan aplikasi belajar, rapat, dan konferensi secara daring atau online yang sangat populer. Saya yakin semenjak Zoom populer sudah bermunculan aplikasi serupa, tetapi karena Zoom yang populer terlebih dahulu dan dikembangkan oleh perusahaan besar Zoom tidak tergeserkan.

Berbeda seperti Video Call yang ada di WhatsApp, Instagram, dan Telegram aplikasi Zoom memang dikhususkan  untuk melakukan panggilan video dengan jumlah anggota yang banyak dengan berbagai fitur yang memang dibutuhkan.

Tidak heran walaupun terlihat sederhana aplikasi ini cukup berat khususnya saat digunakan. Karena berat biasanya aplikasi Zoom akan sedikit lambat jika perangkat yang digunakan kurang mumpuni dan perangkat akan menjadi panas.

Apa bisa hal tersebut diatasi supaya HP tidak panas saat menggunakan Zoom dan aplikasi Zoom tidak lambat saat digunakan? tentu saja bisa. Saya akan bahas beberapa hal yang bisa kalian coba dan saya harap setelah mencobanya masalah seperti yang kalian alami akan sedikit berkurang.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa kamera di Laptop buram dan tidak jelas serta cara menghilangkan ikon Alarm yang muncul di status bar.

Tips Supaya Aplikasi Zoom Tidak Lemot Saat Digunakan


1. Pastikan Koneksi Internet Lancar


Yang wajib kalian pastikan untuk pertama kalinya yaitu koneksi internet. Pastikan koneksi internet yang kalian gunakan lancar dan stabil supaya aplikasi Zoom tidak terganggu saat kalian sedang menggunakan aplikasi Zoom.

Sarat utama supaya menggunakan aplikasi Zoom dan sejenisnya lancar yaitu pada koneksi internet yang digunakan. Bagi kalian yang belum tau, menggunakan Zoom sama saja seperti saat streaming tetapi tidak terlalu boros kuota.

2. Jangan Buka Aplikasi Lain


Selain memastikan koneksi internet lancar, kalian juga harus menutup aplikasi lain saat ingin menggunakan Zoom. Semakin banyak aplikasi kinerja perangkat akan menjadi lebih berat. Jika tidak ada aplikasi lainnya yang terbuka, perangkat hanya akan fokus ke aplikasi Zoom saja.


3. Ganti Perangkat


Dan pilihan yang tepat jika setiap hari atau minimal seminggu sekali kalian menggunakan Zoom dan saat menggunakan Zoom harus pindah aplikasi yaitu dengan cara ganti perangkat yang lebih mumpuni lagi.

Perangkat yang mumpuni akan lebih ringan saat aplikasi Zoom digunakan karena prosesor dan RAM yang dimiliki lebih dari cukup. Jadi kunci utamanya supaya Zoom lancar, perangkat harus mumpuni.

Memang tidak semua orang bisa begitu saja langsung ganti perangkat. Tetapi yang perlu kalian pikirkan kebutuhan yang akan kalian penuhi setelah ganti perangkat. Mengakses Zoom lebih mudah dan pekerjaan lain akan lebih cepat selesai.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga membantu kalian semua. Tidak bisa melakukan panggilan keluar padahal pulsa ada? kalian bisa simak tidak bisa melakukan panggilan keluar atau tidak bisa menelpon seseorang.


EmoticonEmoticon