Tips Menghemat Kuota Saat Menonton Video di YouTube

Tips Menghemat Kuota Saat Menonton Video di YouTube

KEPOINDONESIA.id - Menghilangkan rasa bosan memang paling mudah dengan cara menonton video yang ada di YouTube. Video yang bisa ditonton bermacam-macam tergantung selera masing-masing bisa video komedi, vlog, atau video pembahasan mengenai teknologi.

Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, adanya 4G membuat paket internet menjadi terasa lebih murah. Karena paket untuk 4G dengan harga yang sama yang bisa digunakan untuk semua jaringan selisihnya sangat banyak sekali.

Sebagai contoh paket khusus jaringan 4G dengan 70rb kalian bisa mendapatkan kuota internet sebanyak 30 GB. Sedangkan paket yang bisa digunakan di semua jaringan termasuk 3G dan 2G hanya mendapatkan 4 GB saja.

Walaupun paket internetnya murah penggunaan kuota 4G lebih boros, oleh karena itu saat mengakses YouTube kalian tetap perlu menghemat kuota supaya kuota internet tidak cepat habis. Bagaimana cara menghemat kuota saat menonton video YouTube?

Caranya sangat mudah sekali, jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan cara menghemat kuota internet saat menonton di YouTube. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas.

Seperti perbedaan video dengan kualitas SD dan HD serta solusi mengatasi rotasi layar di Android tidak berfungsi. Selain tidak berfungsi terkadang rotasi layar juga sering error atau bermasalah.

Tips Hemat Kuota Internet Saat Menggunakan Aplikasi YouTube


1. Aktifkan Penghemat Data


Yang pertama kalian bisa mengaktifkan fitur penghemat data yang disediakan di aplikasi YouTube. Caranya kalian akses Menu dan pilih Setelan. Di Setelan kalian akses Penghemat data dan aktifkan.

Maka setelan default penghemat data aplikasi YouTube akan aktif seperti kurangi kualitas video, kurangi kualitas download, dan lain-lainnya. Dengan cara ini menghemat kuota saat menonton video di YouTube menjadi lebih mudah.

2. Gunakan Jaringan Wifi


Selain itu supaya kuota internet kalian tidak ingin cepat habis sedangkan kalian ingin mengakses YouTube kalian bisa gunakan jaringan wifi. Kalian bisa gunakan jaringan wifi publik yang ada di tempat umum atau cafe.


3. Simpan Video YouTube


Yang terakhir kalian bisa simpan atau download video YouTube supaya bisa ditonton nanti atau ditonton ulang tanpa membutuhkan akses internet. Dengan begitu penggunaan kuota kalian akan lebih hemat lagi.

Saran saya jika kalian tidak memiliki kuota internet yang banyak jangan terlalu sering menonton video menggunakan data seluler. Gunakan lah koneksi wifi saat kalian berada di tempat yang menyediakan wifi gratis.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga kalian yang ingin mencoba menghemat kuota internet tetapi sering mengakses YouTube bisa terbantu. Penasaran tentang apa perbedaan jaringan GSM dan GPRS? kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon