4 Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR

4 Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Ekstrak File ZIP dan RAR

KEPOINDONESIA.id - RAR dan ZIP salah satu jenis file andalan yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file lainnya. Mudahnya berbagai jenis file lainnya termasuk folder dijadikan satu dengan cara di kompres dan hanya perlu satu buah file saja baik RAR atau ZIP.

Baik .RAR atau .ZIP memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, akan tetapi fungsinya sama saja. Jika kalian belum tau perbedaan antara RAR dan ZIP serta kelebihan dan kekurangan keduanya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.

Yang jelas ZIP lebih mudah dibuka karena aplikasi File Manager bawaan banyak yang sudah mendukung ekstrak .ZIP. Sedangkan untuk .RAR hanya bisa dibuka atau di ekstrak di aplikasi yang memang mendukung format .RAR.

Masalahnya baik file RAR atau file ZIP terkadang tidak bisa dibuka. Bukan tidak bisa dibuka, tetapi lebih tepatnya tidak bisa di ekstrak. Karena jika tidak bisa dibuka kemungkinan besar aplikasi yang kalian gunakan tidak mendukung format ZIP dan RAR.

Kenapa file ZIP dan RAR tidak bisa ekstrak dan bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa faktor kenapa ZIP dan RAR tidak bisa dibuka dan saya juga akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Yang jelas masalah ini cukup sering terjadi dan kalian tidak perlu khawatir. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara ekstrak file ZIP dan RAR menggunakan WinRAR di Windows serta solusi file PDF tidak bisa dibuka sama sekali.

Solusi File RAR dan ZIP Tidak Bisa di Ekstrak


1. File ZIP dan RAR Corrupt


Penyebab paling umum yaitu karena file RAR dan ZIP yang kalian miliki sudah corrupt dan rusak. Walaupun bisa dilihat biasanya file RAR dan ZIP yang sudah rusak tidak akan bisa di ekstrak sama sekali.

Ada banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan file corrupt, akan tetapi hanya ada satu solusinya. Kalian harus mendapatkan file yang tidak corrupt apapun caranya baik download ulang atau download di situs lainnya.


2. File RAR dan ZIP di Password


Demi keamanan biasanya file RAR dan ZIP diberi kata sandi atau password oleh orang yang membuat file tersebut. Selama kalian tidak tau password nya dan password yang kalian input salah, kalian tidak akan bisa melihat dan mengekstrak file tersebut.

3. Gunakan Perangkat Lain


Khususnya file .RAR, biasanya .RAR digunakan untuk menyimpan berbagai file dengan ukurannya sangat besar. Oleh karena itu cukup sering saya melihat file .RAR dengan ukuran 10 GB bahkan bisa lebih.

Untuk mengekstrak file RAR atau ZIP dengan ukuran yang besar pastikan perangkat kalian mumpuni atau kuat. Jika tidak kuat saat ingin di ekstrak pasti aplikasi akan langsung berhenti atau jika berjalan pasti akan gagal di tengah jalan.

4. Ruang Penyimpanan Mencukupi


Tidak banyak yang tau, untuk ekstrak file RAR dan ZIP pastikan memiliki ruang penyimpanan yang tersedia lebih dari ukuran file RAR yang ingin kalian ekstrak. Sebagai contoh kalian ingin ekstrak file RAR dengan ukuran 2 GB.

Pastikan ruang penyimpanan yang tersedia yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan file hasil ekstrak tadi lebih dari 2 GB, kalau bisa lebih banyak lagi lebih baik. Jika kurang dari 2 GB maka proses ekstrak tidak akan bisa dilakukan atau akan gagal.

Selain yang sudah saya sebutkan diatas terkadang ada faktor lainnya seperti karena perangkat yang kalian gunakan lemot dan tidak mumpuni atau karena ada faktor lainnya. Asalkan file ZIP dan RAR tidak corrupt, kalian bisa mengekstraknya kapan saja.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kenapa jika Flashdisk ingin dicaput dari Komputer atau Laptop perlu di eject terlebih dahulu? jika kalian belum tau kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan eject serta apa manfaat eject Flashdisk.


EmoticonEmoticon