Cara Menghilangkan Flare atau Pantulan Cahaya di Kamera HP

Cara Menghilangkan Flare atau Pantulan Cahaya di Kamera HP

KEPOINDONESIA.id - Jika kalian sering memotret menggunakan HP khususnya saat malam hari apakah kalian sadar akan muncul cahaya yang mengganggu seperti titik matahari? jika iya itu adalah masalah yang akan kalian alami saat memotret di waktu malam hari.

Tidak semua HP akan memunculkan cahaya tersebut atau yang sering disebut sebagai Flare. Flare merupakan kilauan warna berbentuk bulatan yang disebabkan karena subjek berhadapan langsung dengan sumber cahaya.

Walaupun jika foto malam hari tidak selalu berhadapan langsung dengan cahaya, akan tetapi supaya hasil lebih maksimal cahaya sangat dibutuhkan saat melakukan pemotretan atau perekaman video saat malam hari.

Supaya hasil foto yang kalian potret tidak memiliki flare kalian bisa baca artikel sampai selesai. Saya akan jelaskan tips supaya flare tidak muncul saat memotret atau merekam video menggunakan HP saat malam hari.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti mengatur kecerahan aplikasi Open Camera supaya tidak terlalu terang serta apa yang dimaksud dengan Anti Banding di setelan aplikasi Kamera Android.

Tips Menghilangkan Flare atau Bintik Terang di Kamera


1. Bersihkan Lensa


Pertama kalian bisa menghilangkan kilauan cahaya yang muncul di kamera dengan membersihkan lensa kamera yang ada di HP kalian. Kalian bisa membersihkannya menggunakan apa saja termasuk menggunakan tangan.

Akan tetapi supaya lebih bersih dan lensa tidak baret lebih baik kalian membersihkan lensa dengan kain yang lembut. Coba bersihkan dengan cara biasa jika memang masih muncul kalian bisa membersihkannya dengan cara memutar.


2. Pindah Posisi


Selain membersihkan lensa kalian bisa pindah posisi ke sebelah kanan sedikit, kiri sedikit dan seterusnya sampai flare tidak muncul di dalam kamera. Cara ini cukup mudah jika tidak banyak cahaya dan flarenya tidak muncul di tengah-tengah.

3. Hindari Sumber Cahaya


Berbeda dengan pindah posisi yang hanya perlu geser sedikit, menghindari sumber cahaya kalian harus benar-benar menghindari sumber cahaya langsung. Memang akan menghilangkan bagian tertentu yang bagus akan tetapi yang terpenting semua orang masuk dalam kamera tanpa adanya flare.

Seharusnya dengan membersihkan lensa flare tidak akan muncul dan misalnya muncul hanya sangat kecil dan tipis. Jika masih ada kalian bisa pindah posisi sedikit dan cegah cahaya langsung memantul di lensa kamera.

Flare atau bintik cahaya yang ada di kamera HP merupakan hal biasa dan kalian tidak usah bingung. Khususnya di kamera HP flagship flare akan mudah muncul karena lensa yang digunakan berbeda dengan HP mid-end dan low-end.

Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai Flare atau pantulan cahaya di lensa kamera semoga bermanfaat bagi kalian. Bingung ada foto bokeh dan foto blur? jika kalian belum tau kalian bisa baca perbedaan blur dan bokeh, ternyata berbeda.


EmoticonEmoticon