Cara Mengatasi Video Shorts di YouTube Buram Saat Diputar

Cara Mengatasi Video Shorts di YouTube Buram Saat Diputar

KEPOINDONESIA.id - Kepopuleran TikTok sebagai platform unggah video pendek membuat media sosial populer lainnya ikut menghadirkan fitur serupa. Sebagai contoh Instagram yang sudah menghadirkan Instagram Reels supaya pengguna Instagram bisa menikmati konten video layaknya TikTok.

Selain Instagram kanal berbagi video YouTube tidak mau kalah, YouTube juga menghadirkan fitur serupa Yaitu YouTube Shorts supaya pengguna YouTube dapat menonton koten video pendek yang biasa ada di TikTok.

Sepengalaman saya, walaupun Instagram dan YouTube telah membuat fitur serupa dari segi algoritma sangat berbeda sekali. Algoritma milik Instagram sangatlah membosankan, sedangkan YouTube Shorts sudah bagus hanya saja ada masalah lainnya.

Masalah utama YouTube Shorts yaitu tidak bisa menampilkan kualitas terbaik video dari awal video diputar. Oleh karena itu kalian tidak usah heran video harus diputar 2 sampai 3 kali terlebih dahulu sampai video tampil dengan kualitas terbaiknya.

Berbeda dengan TikTok dan Instagram Reels yang bisa menghadirkan kualitas video terbaik dari awal video di putar. Menurut saya ini karena YouTube Shorts masih dalam pengembangan, tetapi kalian bisa mengakalinya dengan cara yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik dan bermanfaat lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti penyebab hasil rekaman layar atau screen recorder tidak bersuara serta cara mengatasi file GIF tidak bergerak saat diputar atau dibuka.

Selain kemungkinan besar karena YouTube Shorts masih dalam pengembangan kalian bisa mengatasi masalah video YouTube Shorts buram dengan memastikan koneksi internet yang kalian gunakan kencang atau benar-benar kencang.

Seperti yang kalian ketahui kualitas video di YouTube secara otomatis akan dipilih berdasarkan kecepatan internet. Jika lambat akan menggunakan kualitas yang rendah jika kencang akan langsung ke kualitas tertinggi walaupun perangkat tidak mumpuni.

Jadi yang pertama kalian harus memastikan koneksi internet kalian lancar. Dan yang kedua kalian bisa mengatur Preferensi kualitas video. Secara default pengaturan ini aktif di pilihan Otomatis atau menyesuaikan kecepatan internet.

Supaya video Shorts tidak buram dan langsung bagus saat awal kalian putar kalian bisa ubah menjadi Kualitas gambar lebih tinggi. Bagi pada saat menggunakan jaringan seluler atau saat menggunakan koneksi Wifi.

Dengan begitu kualitas video Shorts akan dipaksa menggunakan kualitas terbaik saat awal diputar. Bagi kalian yang merasa video di YouTube Shorts buram dan tidak jernih saat di tonton kalian bisa mencoba kedua cara diatas.

Pastikan koneksi internet lancar dan atur preferensi video menjadi yang terbaik. Saya harap artikel ini membatu kalian karena saya yakin tidak hanya saya yang mengalami video Shorts buram, tetapi semua pengguna.

Selain masalah video tidak jernih di YouTube Shorts, apakah kalian merasa musik yang ada di Spotify patah-patah saat kalian dengarkan. Jika iya kalian bisa baca artikel tentang penyebab Spotify patah-patah saat memutar lagu dan musik.


EmoticonEmoticon