4 Solusi Mengatasi Wifi Tidak Mau Terhubung

4 Solusi Mengatasi Wifi Tidak Mau Terhubung

KEPOINDONESIA.id - Salah satu masalah saat ingin terhubung ke jaringan wifi yaitu wifi tidak terhubung. Selama belum terhubung kalian tidak akan bisa mengakses internet dari wifi tersebut. Jadi syarat utama untuk mengakses internet lewat wifi yaitu wifi harus terhubung.

Kenapa bisa tidak terhubung? tentu saja bisa. Tidak hanya wifi yang menggunakan kata sandi pengaman. Wifi publik yang tanpa kata sandi juga sering tidak terhubung walaupun kalian sudah mencobanya berulang kali.

Berbeda kasus dengan pembahasan yang pernah saya bahas sebelumnya tentang wifi yang tidak ada internet, kasus wifi tidak terhubung memang sering terjadi. Apa saja penyebabnya dan apa ada solusinya?

Untuk penyebabnya sangatlah beragam. Nanti akan saya bahas beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kalian tidak terhubung ke jaringan wifi. Selain itu saya juga akan membahas solusi yang mungkin bisa kalian coba.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti perbedaan keamanan jaringan wifi WPA dan WPA2 serta apa yang dimaksud dengan berdering saat menelpon lewat WhatsApp.

Penyebab Wifi Tidak Mau Terhubung


1. Tidak Dalam Jangkauan Wifi


Walaupun jaringan wifi terlihat di menu wifi tidak menjamin kamu bisa terhubung dengan wifi tersebut di lokasi tersebut. Karena jika wifi sinyalnya terlalu lemah perangkat tidak akan bisa terhubung ke jaringan wifi.

Misalnya bisa terhubung akan sering terputus. Supaya hal tersebut tidak kalian alami kalian bisa mendekat ke sumber wifi supaya mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Atau kalian bisa mencari tempat yang tidak banyak pohon dan bangunannya.


2. Kata Sandi Salah


Yang berikutnya khusus jaringan wifi yang menggunakan pengaman atau bukan wifi publik. Sebenarnya akan ada peringatan jika kata sandi yang kalian input salah. Saya hanya mengingatkan jika kata sandi salah kalian tidak akan bisa terhubung ke wifi terkait.

3. Sudah Banyak Perangkat Yang Terhubung


Walaupun kalian sudah menginput kata sandi yang benar jika perangkat yang terhubung sudah banyak maka kalian tidak akan bisa terhubung. Kalian harus menunggu perangkat lain yang sudah tidak terhubung ke wifi lagi.

4. Perangkat Kalian Diblokir


Penyebab terakhir karena perangkat kalian sudah diblokir alamat MAC nya. Alamat MAC merupakan identifier unik pada masing-masing perangkat yang nantinya akan muncul di router saat perangkat kalian terhubung dengan jaringan dari router tadi.

Jika pemilik wifi memblokir MAC perangkat kalian kalian tidak akan bisa terhubung ke jaringan wifi. Walaupun kalian tau kata sandi wifinya bahkan kalian tidak akan bisa terhubung ke jaringan wifi publik tanpa sistem keamanan sama sekali.

Kesimpulannya banyak penyebab yang bisa menyebabkan perangkat kalian tidak bisa terhubung ke jaringan wifi tetapi jaringan wifi malah tersimpan. Apapun perangkat kalian baik Android, iOS, ataupun perangkat desktop Windows.

Selain tidak bisa terhubung apakah kalian sering mengalami tethering dari HP kalian tidak terdeteksi di perangkat lain? jika kalian sering mengalaminya kalian bisa baca artikel tentang solusi mengatasi tethering hotspot tidak terdeteksi.


EmoticonEmoticon