Cara Mengatur Rasio Video MX Player Saat Menonton

Cara Mengatur Rasio Video MX Player Saat Menonton

KEPOINDONESIA.id - Menonton video khususnya film akan lebih nyaman jika rasio aspek sesuai dengan layar perangkat yang kita gunakan. Jika tidak sesuai tentu saja kurang bahkan tidak nyaman sama sekali alias menonton menjadi tidak menyenangkan.

Umumnya film sudah menggunakan rasio aspek 16:9, rasio aspek yang sudah sangat umum. Selain itu smartphone seperti Android memang banyak yang sudah mendukung rasio aspek 16:9 sejak berapa tahun yang lalu.

Karena 16:9 sudah jarang ditemui di film keluaran terbaru maka saat menonton video dengan rasio 18:9 di perangkat 16:9 maka pada bagian atas dan bawah akan ada ruang kosong hitam. Apa itu mengganggu? tentu saja tidak.

Sedangkan jika kalian menonton video dengan aspek rasio 16:9 di perangkat 18:9 maka nantinya di sisi kanan dan kiri ada ruang kosong. Ruang kosong tadi bukan masalah besar, yang menjadi masalah biasanya fitur perubah aspek rasio yang ada di pemutar video yang digunakan.

Jika pengguna tidak sengaja menekannya maka aspek rasio bisa berubah dan menjadi tidak sesuai. Salah satu pemutar video yang mendukung fitur ini yaitu MX Player. Nah bagaimana cara merubah aspek rasio video di MX Player?

Caranya mudah, supaya kalian tau kalian bisa baca artikel yang akan saya bahas sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas seperti cara menghilangkan subtitle di MX Player serta solusi mengatasi aplikasi VIU tidak bisa dibuka.

Cara Merubah Aspek Rasio di Pemutar MX Player


1. Saat menonton silakan kalian klik saja untuk menampilkan beberapa fitur yang ada

Saat menonton silakan kalian klik saja untuk menampilkan beberapa fitur yang ada

2. Kemudian silakan kalian tekan di Rasio Aspek

Kemudian silakan kalian tekan di Rasio Aspek

3. Nantinya akan berubah, dan kalian tekan lagi untuk berubah ke aspek rasio yang lainnya

Nantinya akan berubah, dan kalian tekan lagi untuk berubah ke aspek rasio yang lainnya

Ada beberapa aspek rasio yang bisa kalian coba seperti Pas Ke Layar, Rentangkan, Potong, dan 100%. Untuk menyesuaikannya kalian bisa langsung atur saat menonton video atau film. Tetapi yang bisa saya gunakan yaitu jika tidak Pas Ke Layar bisa Rentangkan. 

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai rasio aspek di MX Player semoga bermanfaat bagi kalian semua. Ingin menghilangkan tombol yang muncul saat menonton video di YouTube? kalian bisa baca cara menghilangkan tombol virtual saat menonton YouTube


EmoticonEmoticon