Pengertian ZIP Code dan Postal Code Serta Cara Mengetahuinya

Pengertian ZIP Code dan Postal Code Serta Cara Mengetahuinya

KEPOINDONESIA.id - ZIP Code sering kali kita temui saat mengisi form atau menginput data tertentu yang data tersebut dikelola oleh pihak luar. Sebagai contoh saat kalian membeli barang secara online di Amazon atau eBay.

Pasti saat menginput alamat atau Address akan ada kolom ZIP Code atau Postal Code. Saat awal pertama kali pasti kebanyakan orang akan bingung tentang apa itu yang dinamakan dengan ZIP Code atau Postal Code.

Sama seperti kasus banyak orang tau tentang alamat email atau email tetapi tidak tau tentang surel. Padahal surel sendiri ejaan dari Bahasa Indonesia sedangkan E-Mail berasal dari bahasa Inggris.

Kembali ke topik, jadi apa yang dimaksud dengan ZIP Code dan bagaimana cara mendapatkan ZIP Code? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya yakin kalian akan heran jika tau apa ZIP Code dan Postal Code sebenarnya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan o/ dan u/ serta perbedaan ukuran fashion lokal dan luar negeri.

Apa Itu ZIP Code dan Postal Code


ZIP Code dan Postal Code memiliki arti yang sama yaitu Kode Pos. Bisa dibilang dalam bahasa Inggris Kode Pos disebut dengan Postal Code. Lalu bagaimana dengan ZIP Code? kenapa bisa disebut sebagai Kode Pos juga.

ZIP dalam ZIP Code memiliki arti Zone Improvement Plan. Kode Pos yang digunakan oleh United States Postal Service (USPS) sejak 1963. Jadi ZIP Code sama seperti Kode Pos dan Postal Code, hanya saja penyebutannya yang berbeda.

Kasus ini sama seperti waktu GMT dan UTC yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Artinya jika kalian menemukan kolom ZIP Code atau Postal Code kalian hanya perlu menginput Kode Pos yang sesuai.

Bagaimana Cara Mengetahui ZIP Code, Postal Code, atau Kode Pos Dengan Mudah


Seharusnya kalian sudah tau Kode Pos dimana kalian berada khususnya di tempat tinggal kalian. Untuk mengetahuinya dengan mudah kalian bisa memanfaatkan mesin pencarian Google, karena semua pasti ada di Google.

Silakan kalian ketik kata kunci dengan format "Kode Pos+Nama Kecamatan+Nama Kota" maka nantinya akan muncul Kode Pos yang sesuai. Untuk menghindari kekeliruan kalian bisa menambahkan provinsi karena di Indonesia banyak wilayah dengan nama yang sama.

Bagaimana, sekarang kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan ZIP Code dan Postal Code. Jika kalian menemukan kolom seperti itu jangan isi sembarangan karena jika akan ada paket yang dikirimkan nantinya paket akan nyasar.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat. Ingin tau daftar NOPOL lengkap seluruh Indonesia? kalian bisa baca artikel tentang daftar plat nomor polisi kendaraan seluruh Indonesia.


EmoticonEmoticon