Pengertian FMV, Jangan Samakan Dengan M/V

Pengertian FMV, Jangan Samakan Dengan M/V

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian pecinta KPOP pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah M/V. M/V salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans saat idolanya merilis sebuah lagu baru. Karena kini YouTube sangat populer saat perilisan M/V atau MV bisa sangat populer sekali.

Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai apa itu M/V berserta istilah lainnya yang serupa seperti V/C dan P/V. Jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.

Nah selain M/V ternyata ada juga yang namanya FMV. Bisa dibilang FMV akan ada jika tidak ada M/V. Walaupun begitu karena fans KPOP cukup banyak biasanya FMV tetap akan ada walaupun sudah ada M/V.

Yang menjadi pertanyaan ialah pada itu FMV? saya yakin kalian penasaran. Bisa dibilang FMV menjadi obat oleh para fans ketiKa idolanya merilis lagu tanpa dengan video klipnya. Artinya hanya lagu dan lirik saja atau lagu dengan video klip tetapi tidak secara resmi.

Supaya kalian tidak bingung langsung saja saya jelaskan tentang apa itu yang disebut FMV. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang disebut dengan NSP serta perbedaan Idol Girl dan Girl Band.

Arti F dalam FMV yaitu Fan-made, jadi FMV ialah Fan-made Music Video atau mudahnya video klip yang dibuat oleh fans. Biasanya akan ada fans yang membuat FMV jika idolanya tidak merilis M/V atau official music video.

Biasanya FMV diambil dari cuplikan di video klip atau potongan video dan diedit layaknya sebuah musik video asli. Jadi Fans-made disini hanya pada video klipnya saja, sedangkan audionya asli idola mereka.

Jadi jangan heran jika kalian menemukan video klip di channel YouTube orang lain sedangkan di official channelnya tidak. Karena kemungkinan besar official channelnya hanya merilis audio dan liriknya tanpa ada video klip.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga kalian yang belum tau menjadi tau. Misalnya ada kekeliruan mohon dimaafkan akan tetapi yang pasti FMV adalah video klip yang dibuat oleh fans bukan video klip resmi.

Bingung ingin mengulang lagu yang ada di YouTube? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang cara mengulang video di YouTube dengan mudah. Kini aplikasi YouTube telah menyediakan fitur tersebut.


EmoticonEmoticon