Hal Yang Bisa Merusak TV, Kalian Harus Tau

Hal Yang Bisa Merusak TV, Kalian Harus Tau

KEPOINDONESIA.id - Televisi atau TV merupakan salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat. Bisa dibilang dengan adanya TV masyarakat bisa menikmati hiburan disaat waktu luang seperti saat siang hari dan malam hari.

Sudah sejak lama sejak Televisi ada di Indonesia dan teknologi Televisi telah berubah. Yang dulu hanya ada TV Tabung kini sudah ada TV LED, dan Smart TV seperti Android TV. Apapun jenis TV nya penyebab umum yang bisa menyebabkan TV rusak bisa dibilang sama.

Umur Televisi sebenarnya bisa lama sama seperti barang elektronik lainnya. Akan tetapi jika tidak dirawat maka akan timbul beberapa kerusakan yang bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal di kemudian hari.

Nah yang perlu kalian ketahui hal-hal yang bisa merusak TV yang kalian miliki apapun jenis TV nya. Apa hal-hal tersebut? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Hal-hal ini selain berupa tindakan juga benda yang seharusnya tidak berdekatan dengan Televisi.

Namun sebelum lanjut ke artikelnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi siaran berhenti atau macet di Parabola serta tips merawat Kipas Angin supaya tidak cepat rusak.

Tips Merawat Televisi Supaya Awet


1. Letakan di Tempat Yang Paling Aman


Yang pertama kalian wajib memperhatikan tempat dimana TV diletakan. Letakan TV di tempat yang aman baik dari jangkauan anak-anak atau dari sinar matahari langsung. Jangan sampai TV terkena air seperti tetesan air hujan.

Selain itu jangan sampai layar Televisi terkena pukulan karena sangat rawan bermasalah. Walaupun tidak retak akan tetapi komponen yang ada di dalam bisa saja rusak walaupun tidak terlihat secara langsung.


2. Gunakan Stabilizer


Stabilizer bisa digunakan jika di wilayah kalian arus listriknya tidak stabil. Selain merawat TV dengan menggunakan Stabilizer bisa mencegah MCB turun karena tidak kuat saat angkatan pertama TV dinyalakan.

3. Matikan Saat Tidak Digunakan dan Jangan Nyalakan Saat Ada Petir


Kalian wajib mematikan TV jika tidak digunakan supaya TV tidak terlalu panas. Mematikan disini yaitu mematikan secara penuh alias indikator stanby benar-benar mati. Selain itu kalian wajib mematikan TV jika ada hujan petir karena menonton atau menyalakan TV sangatlah berbahaya.


4. Jauhkan Dari Barang Elektronik Lainnya


Biasanya Televisi akan diletakan berdekatan dengan barang elektronik lainnya seperti Speaker Aktif. Padahal Speaker aktif dapat merusak TV karena magnet pada Speaker Aktif bisa mempengaruhi layar Televisi.

Selain Speaker kalian juga harus menjauhkan Kipas Angin dari TV karena dinamo Kipas Angin juga memiliki magnet. Selain benda yang memiliki magnet kalian juga harus menjauhkan HP dan ponsel dari TV karena gelombang dari HP bisa mempengaruhi TV.

Jadi itu dia beberapa hal yang perlu kalian ketahui bahwa hal tersebut bisa merusak Televisi yang kalian miliki. Yang jelas TV atau barang elektronik lainnya jika sudah rusak ya memang sudah rusak dan perlu diperbaiki.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. TV kalian sering mati sendiri? kalian bisa baca artikel tentang penyebab dan solusi mengatasi Televisi yang sering mati sendiri saat sedang dinyalakan.


EmoticonEmoticon