Fungsi Tombol Samping di Android

Fungsi Tombol Samping di Android

KEPOINDONESIA.id - Seperti yang kalian ketahui smartphone Android rata-rata memiliki 3 tombol samping. Baik semuanya di sisi kiri dan di sisi kanan atau kedua tombol ada di kiri atau kanan dan satu tombol lainnya ada di kanan atau kiri.

Yang jelas ada 3 tombol yang bisa kalian gunakan untuk mengoperasikan serta sebagai pendukung. Dari ketiga tombol, dua di antaranya terkadang menyatu akan tetapi memiliki masing-masing tombol yang bisa ditekan.

Apa saja tombolnya? tombol-tombol disamping yang ada di perangkat Android? supaya kalian tau kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Saya akan menjelaskan 3 tombol umum yang pasti ada di perangkat Android.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi Voice Typing tidak berfungsi serta kenapa aplikasi Tema di Xiaomi tidak bisa dibuka atau tidak bisa memuat.

Tombol Power


Tombol Power

Yang pertama tombol Power. Tombol ini memiliki ciri lebih pendek dan sendirian alis tidak berdekatan dengan tombol lainnya. Untuk posisinya tergantung desain dari masing-masing vendor.

Ada yang sama di kanan dan di kiri dengan kedua tombol lainnya dan ada juga pisah dengan kedua tombol lainnya. Sebagai contoh tombol Power di sisi kanan sedangkan kedua tombol lainnya di sisi kiri.

Tombol Volume


Tombol Volume

Untuk kedua tombol lainnya yaitu tombol Volume, Volume Atas atau Naik dan Volume Bawah atau Turun. Tombol Volume terkadang terpisah tetapi berdekatan dan ada juga yang menyatu menjadi satu tetapi masing-masing tombol memiliki tombol tersendiri.

Ciri khusus tombol Volume yaitu lebih panjang dari pada tombol Power. Dan letaknya saling berdekatan antara Volume Atas dan Bawah. Sedangkan posisinya sama seperti tombol Power, tergantung dari desain masing-masing vendor.

Untuk tombol umum yang ada di Android saya rasa hanya itu saja, Kecuali beberapa pabrikan yang menyertakan tombol Silent, tombol Google Assistant, Tombol Bixby, dan tombol Shutter kamera.

Semoga penjelasan kali ini bermanfaat dan jika kalian mengalami tombol switch kamera depan tidak berfungsi kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Saya sudah pernah membahas tentang solusi tombol beralih kamera depan yang tidak berfungsi.


EmoticonEmoticon