Tips Memilih Anggota Kelompok Belajar

Tips Memilih Anggota Kelompok Belajar

KEPOINDONESIA.id - Membuat kelompok belajar salah satu metode alternatif yang bisa kalian lakukan jika belajar sendiri tidak bisa. Banyak siswa yang tidak bisa belajar sendiri dengan berbagai penyebab mulai dari kurang pandai atau tidak paham materi.

Membuat kelompok belajar akan sangat efektif jika kelompok tersebut dibentuk dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya beranggotakan siswa pandai yang terpenting saat berkumpul benar-benar belajar dan membahas materi.

Karena kebanyakan kelompok belajar jika sudah berkumpul tidak belajar malah bermain dan menggunakan smartphone mereka. Lalu bagaimana cara menentukan anggota kelompok belajar yang bisa kita ajak bergabung?

Menentukan anggota kelompok sangat penting jika kalian benar-benar ingin membuat kelompok belajar yang efektif. Karena adanya anggota yang tidak berminat bergabung dengan kelompok belajar bisa mempengaruhi anggota lainnya.

Supaya kalian tau bagaimana cara menentukan anggota kelompok belajar yang baik kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca tips supaya tidak terlambat berangkat sekolah serta perbedaan gelar dr. dan DR.

Tips Memilih Anggota Kelompok Belajar


1. Teman Akrab


Yang pertama kalian bisa memilih anggota dari teman akrab kalian. Ini dilakukan supaya saat melakukan belajar bareng tidak ada rasa canggung. Tetapi kalian harus benar-benar memilih dan tidak harus teman akrab yang selalu bersama kalian.

Kalian bisa nilai sendiri teman kalian dalam belajar, apakah mereka berminat atau hanya suka bergurau saja. Walau kurang pintar, teman yang selalu berusaha lebih baik dari pada teman pintar tapi hanya senang bergurau.

2. Teman Yang Berminat


Yang berikutnya kalian bisa mencari teman kelas yang berminat untuk belajar bareng. Tidak perlu teman akrab kalian juga bisa mengajak teman yang kurang akrab. Asalkan mereka memang benar-benar ingin belajar.

Mencari teman akrab yang satu pemikiran memang sangat susah, oleh karena itu jangkauan pencarian kalian harus lebih luas. Carilah teman sekelas yang berminat belajar supaya kelompok belajar kalian berjalan dengan baik.

3. Teman Yang Pintar


Yang terakhir kalian bisa mencari teman yang pintar dan cukup pandai di kelas kalian. Perlu di ingat jika kalian ingin mengajak teman yang pintar minimal kalian harus pintar dan pandai juga supaya kalian tidak menjadi beban.

Jika kalian tidak perduli dengan sikap mereka kalian bisa abaikan. Yang terpenting mereka bisa membuat kelompok belajar yang kalian bentuk menjadi efektif. Tidak saling membebani tetapi saling membantu.

Bekerja secara kelompok seperti kelompok belajar memang tidak mudah. Akan tetapi jika kalian bisa membentuk kelompok belajar yang efektif itu akan lebih baik dari pada belajar sendiri tetapi tidak tau jalan dan kesalahan diri sendiri.

Jumlah anggota bisa disesuaikan yang terpenting minat dan sikap masing-masing anggota. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Trial dan Error? kalian bisa baca artikel tentang Trial Error yang pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon