Solusi Remote TV Tidak Berfungsi

Solusi Remote TV Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Dengan bantuan remote TV kita dapat mengoperasikan Televisi dengan mudah. Remote bekerja dengan sinar Infrared yang didukung oleh baterai. Selama penggunaan biasa hingga ekstrim remote dapat bertahan cukup lama.

Sebagai alat bantu mengoperasikan TV, remote selalu digunakan saat menonton TV. Mulai dari menyalakan, memindah channel, melakukan pemrograman, hingga mematikan TV. Lalu bagaimana jika remote TV bermasalah.

Jika remote bermasalah sebenarnya kalian tetapi bisa mengoperasikan TV karena pada bagian TV terdapat tombol navigasi juga. Akan tetapi tidak selengkap seperti tombol yang ada di remote.

Apa saja yang bisa menyebabkan remote TV tidak berfungsi? jika remote tidak berfungsi apakah tandanya sudah rusak? jawabannya tidak. Untuk tau lebih jelas kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Karena saya akan menjelaskan solusi mengatasi remote TV yang tidak berfungsi atau tidak merespon. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi tombol yang ada di remote Receiver Parabola serta solusi aplikasi MI Remote tidak bisa digunakan.

Solusi dan Memperbaiki Remote TV Yang Tidak Berfungsi


1. Baterai Remote Habis


Perlu di perhatikan walaupun lama tetapi baterai di remote juga bisa habis. Banyak pengguna yang tidak sadar dan mengira bahwa remote TV yang sudah rusak. Padahal hanya baterainya saja yang habis dan minta diganti.

2. Terminal Remote Baterai Berkarat


Seperti yang kalian ketahui salah satu masalah yang ada hubungannya dengan baterai yang jarang dibuka yaitu pada bagian terminal baterai akan berkarat. Jika memang seperti itu lakukan pembersihan dengan cara di amplas.

3. LED Infrared Bermasalah


Walau jarang terjadi tetapi Infrared adalah komponen penting pada remote. Jika LED Infrared bermasalah remote tidak akan bisa digunakan. Karena semua respon pada remote akan diteruskan oleh Infrared ini.

4. Jalur PCB dan Keypad Kotor


Yang terakhir karena keypad dan jalur PCB kotor. Dari beberapa kerusakan yang ada ini yang paling sering selain baterai yang minta ganti. Kalian harus membersihkan keypad dan jalur PCB supaya remote bisa berfungsi kembali.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi atau tidak bekerja. Dua kemungkinan yang paling sering terjadi yaitu karena baterai minta ganti atau jalur PCB sudah sangat kotor.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. Baterai jam dinding cepat habis? kalian bisa baca kenapa jam dinding sangat boros baterai padahal baru saja ganti baterai.


EmoticonEmoticon