Perbedaan Keypad dan Keyboard, Ternyata Tidak Sama

Perbedaan Keypad dan Keyboard, Ternyata Tidak Sama

KEPOINDONESIA.id - Beberapa tahun yang lalu banyak sekali orang yang bisa mengetik dengan HP tanpa melihat tombolnya. Saya sendiri termasuk orang yang bisa mengetik tanpa melihat tombol saat Keypad masih digunakan di HP.

Sekarang semua HP sudah berubah menjadi smartphone dengan layar sentuh dan tidak perlu yang namanya Keypad. Apa itu Keypad? walaupun kalian tidak tau artinya minimal kalian pernah mendengarnya.

Karena sebelum era smartphone Keypad cukup populer karena itu satu-satunya komponen yang bisa digunakan untuk mengetik. Keypad yang sudah jarang terdengar berbanding terbalik dengan Keyboard yang semakin populer.

Sekilas fungsi Keyboard dan Keypad sama, hanya saja dari bentuk nya berbeda. Untuk tau lebih jelas mengenai Keypad dan Keyboard kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti kenapa tombol angka yang ada di keyboard Komputer tidak berfungsi serta apa yang dimaksud dengan Clipboard atau Papan Klip. Apa Keypad dan Keyboard serupa? atau malah berbeda.

Definisi Keyboard adalah papan ketik atau papan tombol berupa papan yang terdiri atas tombol numerik, tombol alfabet , dan beberapa simbol-simbol tertentu. Keyboard berukuran cukup besar dan lebar layaknya papan.

Ada 2 jenis Keyboard yang perlu kalian temui, yaitu Keyboard Fisik dan Keyboard Virtual. Keyboard Fisik biasa ditemui di Komputer dan Laptop sedangnkan Keyboard Virtual ada di smartphone.

Sedangkan Keypad adalah sebuah Keyboard miniatur atau set tombol yang terdiri dari numerik, alfabet , dan simbol. Seperti definisinya yaitu miniatur, Keypad hanya memiliki beberapa tombol dan ukurannya kecil.

Walaupun begitu setiap tombol memiliki beberapa fungsi. Umumnya Keypad digunakan di HP keluaran lama sebelum era smartphone. Saya jamin kalian sudah tau dan dulu pernah menggunakannya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan tentang berbedaan Keyboard dan Keypad. Keypad mulai ditinggalkan dan diganti dengan Keyboard. Selama era PC Desktop masih ada keyboard tetap akan terus ada.

Tidak tau fungsi tombol F yang ada di Keyboard? kalian bisa baca fungsi tombol F1-F12 yang ada di Keyboard. Masing-masing tombol memiliki fungsi tersendiri dan bisa kalian gunakan untuk keperluan tertentu.


EmoticonEmoticon