Mengenal Keamanan Jaringan Wifi WPA dan WPA2

Mengenal Keamanan Jaringan Wifi WPA dan WPA2

KEPOINDONESIA.id - Wifi menjadi salah satu alternatif supaya bisa terhubung ke internet. Wifi bisa kita dapatkan dengan mencari lokasi yang tersedia jaringan wifi atau bisa memasang sendiri di rumah. Jika kita mencari lokasi yang tersedia wifi itu namanya mencari wifi gratis.

Wifi banyak diminati karena yang pertama gratis. Misalnya kalian pasang wifi sendiri kelebihan Wifi yaitu bisa menghemat baterai perangkat yang kita gunakan. Karena jika HP terhubung ke Wifi tanpa data seluler konsumsi baterai menjadi lebih sedikit.

Saat ingin terhubung ke jaringan Wifi pasti kalian sering melihat tulisan WPA/WPA2. Selain WPA/WPA2 ada juga tulisan WPS. Tetapi pada artikel kali ini saya hanya akan membahas WPA dan WPA2 saja.

Apa itu WPA dan apa itu WPA2? keduanya merupakan keamanan jaringan nirkabel yang bisa kalian temui saat ingin terhubung ke jaringan Wifi. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi Tethering Hotspot tidak bisa diaktifkan serta apa yang dimaksud dengan Repeater dan Router. Berikut penjelasan saya mengenai WPA dan WPA2.

Protokol WiFi Protected Access (WPA)


WPA merupakan tipe keamanan penerus WEP atau Protokol Wired Equivalent Privacy. Apa itu WEP? WEP adalah tipe keamanan nirkabel pertama dan dianggap yang paling tidak aman dari semua protokol yang ada.

Jika WEP masih digunakan salah satunya karena perangkat yang mendukung adalah perangkat lama atau perangkat belum mendukung sistem WPA. WPA hadir sebagai penerus WEP untuk mengatasi kelemahan yang ada di WEP.

Protokol WiFi Protected Access di desain dengan komponen enkripsi Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) yang kemudian digantikan oleh Advanced Encryption Standard (AES). Karena masih mengadopsi fitur WEP maka protokol WPA juga dianggap tidak aman.

Protokol WiFi Protected Access II (WPA2)


Jika WPA penerus WEP maka WPA2 adalah penerus WPA. Pada protokol WPA2 perubahan sangat signifikan terjadi karena di WPA2 menggunakan algoritma AES dan CCMP (Counter Cipher Mode with Block Chaining Message Authentication Code Protocol) sebagai pengganti TKIP yang digunakan di WPA.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai WPA dan WPA2. Lalu bagaimana dengan WPS? WPS atau Wi-Fi Protected Setup merupakan sistem keamanan yang dapat bekerja jika perangkat mendukung sistem keamanan WPA Personal atau WPA2.

Cukup sekian penjelasan dari saya dan jika kalian mengalami masalah saat ingin download aplikasi di Play Store tetapi harus menunggu wifi kalian bisa baca artikel tentang cara mengatasi permasalahan tersebut.


EmoticonEmoticon