Tingkat Kekentalan Oli, Yang Bagus Berapa?

Tingkat Kekentalan Oli, Yang Bagus Berapa?

KEPOINDONESIA.id - Pelumas atau yang sering kita sebut sebagai oli adalah salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor. Setiap mesin membutuhkan pelumas atau oli mesin supaya mesin dapat digunakan.

Seperti yang kalian ketahui fungsi oli yaitu melumasi komponen-komponen mesin supaya efek dari gesekan lebih kecil. Selain itu oli juga menjaga suhu mesin supaya tetap dalam keadaan optimal.

Ada banyak oli yang bisa kalian pilih tetapi yang jelas oli motor dan oli mobil memiliki peruntukannya sendiri-sendiri. Tidak di sarankan menggunakan oli mobil ke sepeda motor dan sebaliknya menggunakan oli motor untuk mesin mobil.

Selain itu kalian harus memperhatikan kekentalan oli yang ingin kalian beli. Karena banyak sekali oli dengan tipe yang sama tetapi kekentalannya berbeda. Kalian bisa membeli oli dengan kekentalan yang sesuai dengan kendaraan yang kalian miliki.

Untuk lebih jelas mengenai kekentalan oli kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa itu produk Eco Racing serta langkah-langkah membayar pajak kendaraan bagi pemula.

Saya yakin kalian sudah tidak asing dengan tulisan seperti 10w-10, 10w-30, 20w-50, atau 10w-50 di bagian depan kemasan oli. Angka-angka tersebut adalah tingkat kekentalan oli yang kalian beli.

Sebagai contoh kalian membeli oli merk A dengan kode kekentalan 20w-50. 20 memiliki arti tingkat kekentalan oli saat masih dingin "mesin belum dinyalakan" sedangkan 50 kekentalan maksimal oli saat mesin dinyalakan.

Kekentalan ini adalah kekentalan multrigrade yang mempertahankan kekentalan pelumasan pada suhu kerja supaya parts mesin bisa terlindungi. Berbeda dengan kekentalan monograde seperti SAE 40, kekentalan multrigrade jauh lebih unggul.

Karena di Indonesia panas kekentalan oli yang lebih kental lebih cocok dari pada yang encer. Oli yang encer di peruntukan untuk wilayah yang dingin bersalju supaya oli tidak membeku dan mudah melumasi mesin saat start pertama kali.

Itu saja penjelasan saya mengenai kekentalan oli, jika kalian belum paham dan ingin lebih tau saran saya tanyakan saja ke mekanik. Nantinya mekanik akan menjelaskan oli yang cocok bagi kendaraan yang kalian miliki.

Belum pernah servis sepeda motor ke bengkel resmi? jika kalian belum pernah servis ke bengkel resmi kalian bisa baca tata cara servis kendaraan ke bengkel resmi. Sangat mudah dan kalian di sediakan ruang tunggu yang nyaman.


EmoticonEmoticon