Roda dan Ban, Apa Bedanya?

Roda dan Ban, Apa Bedanya?

KEPOINDONESIA.id - Ban dan Roda terkadang oleh orang-orang di salah artikan. Bukannya mereka tidak tau tetapi lebih tepatnya keliru karena tidak tau pasti fungsi dan mana yang disebut dengan ban dan mana yang disebut dengan roda.

Ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke kalian. Apalah kalian sering mendengar istilah orang mengganti Roda? Selain itu apakah kalian pernah mendengar istilah seseorang mengganti Ban?.

Ban sendiri salah satu bagian Roda supaya kendaraan bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. Tidak hanya Ban, supaya Roda dapat digunakan diperlukan komponen lainnya yang mungkin kalian sudah tau.

Lebih jelas mengenai perbedaan Ban dan Roda kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan menjelaskan apa yang disebut dengan Ban dan Roda serta apa perbedaan keduanya.

Sebelum lanjut ke pembahasan Ban dan Roda kalian bisa baca artikel tentang apa yang dimaksud dengan Rute Perjalanan serta ciri-ciri ban sepeda motor kurang angin. Jadi apa bedanya Ban dan Roda?

Ban


Ban adalah bagian dari Roda yang terbuat dari bahan karet yang warnanya rata-rata berwarna hitam. Ban bagian Roda paling luar yang langsung bersentuhan dengan jalan. Oleh karena itu bahan dan ukiran ban masing-masing produk dan tipe berbeda-beda.

Dari bagian yang lainnya, Ban adalah yang paling menentukan performa kendaraan. Karena aman dan nyamannya kendaraan saat dikendarai tergantung dari tipe Ban yang digunakan.

Roda


Roda merupakan bagian kendaraan yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke jalan supaya kendaraan bisa berjalan. Ada 2 bagian penting pada Roda, yaitu Velg dan Ban. Singkatnya Velg sebagai rumah Ban supaya Ban dapat bekerja secara maksimal.

Sebenarnya Roda tidak harus terbagi oleh Velg dan Ban. Karena Roda sendiri adalah komponen yang berfungsi sebagai kaki kendaraan. Jenis kaki tentu saja tergantung dari tipe kendaraan.

Contoh mudahnya Roda kereta. Roda kereta tidak memiliki Velg ataupun Ban. Karena Roda kereta terbuat dari baja. Contoh lainnya yaitu Excavator yang memiliki Roda dari batangan besi-besi kecil yang dirangkai.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai perbedaan Ban dan Roda, semoga kalian yang belum tau menjadi tau. Ban dan Roda adalah hal yang berbeda walaupun Ban adalah salah satu bagian dari Roda.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini kalian bisa baca kenapa motor terkadang brebet saat dijalan. Masalah sepeda motor yang brebet dipengaruhi banyak faktor dan penyebab oleh karena itu kalian harus tau penyebabnya terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon